Bisnis Online adalah Jualan di Internet via Website Toko Online dan Sosial Media

By | January 13, 2021
Bisnis Online adalah Jualan di Internet via Website Toko Online dan Sosial Media

Bisnis Online adalah Jualan di Internet via Website Toko Online dan Sosial Media

Bisnis Online adalah Jualan di Internet via Website Toko Online dan Sosial Media

Bisnis Online adalah Jualan di Internet via Website Toko Online dan Sosial Media

PENGERTIAN BISNIS ONLINE

Apa sih itu bisnis online?
Pengertian bisnis online adalah sebuah cara promosi atau menawarkan barang atau jasa yang di lakukan menggunakan jaringan internet, Untuk mudahnya pengertian bisnis online adalah menjual atau promosi yang dilakukan dengan cara online atau menggunakan internet dengan saling berkomukasi. Hal ini sangat berbeda sekali dengan bisnis offline, yang dimana jika ingin mendapatkan barang kita harus pergi ke tempat penjual barang tersebut, Jadi kesimpulannya menggunakan bisnis online itu sangat mudah, Akan tetapi jika Anda menggunakan bisnis online hal yang pertama Anda tanamkan Adalah kejujuran dalam berbisnis. Sebab orang akan percaya pada Anda dan begitu sebaliknya. Itulah Pengertian Bisnis Online.

Apa yang Dimaksud dengan Bisnis Online?
Bisnis online merupakan segala jenis kegiatan bisnis yang dilakukan secara online (melalui internet).

Bisa di katakan Bisnis online adalah system atau cara pemasaran melalui internet, berbisnis secara online juga terbilang sangat mudah dan tidak membutuhkan banyak biaya diantaranya untuk menyewa ruko, membeli stok barang, membayar karyawan dan lain sebagainya.

Saat ini bisnis online sedang banyak di minati oleh banyak orang terutama mahasiswa yang membutuhkan pemasukan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari agar tidak menysahkan orang tua. Tidak sedikit juga anak muda yang berhasil meraih kusuksesannya hanya dari bisnis online sampai bisa menghasilkan uang jutaan rupiah tanpa merepotkan orang tuanya.

Apa saja Keuntungan dari bisnis online?

1. Mudah Di Kerjakan
Keuntungan yang pertama dari bisnis online adalah sangat mudah di kerjakan sebab anda dapat melakukannya dari manapun asalkan ada laptop atau komputer yang terkoneksi ke internet. Baik ketika anda sedang berada di kamar, di tempat rekreasi dan lainnya.

2. Menjangkau Lebih Banyak Pasar
Yang namanya berjualan pasti membutuhkan pasar yang tepat untuk dapat menghasilkan penjualan yang menguntungkan. Memasarkan produk via online juga sangat memungkinkan untuk mendapatkan jangkauan pasar yang lebih luas, karena jangkauannya yang luas maka potensi penjualan pun semakin meningkat.

3. Cocok Untuk Anda Yang Tidak Ada Modal Banyak
Kebanyakan orang yang hendak mendirikan bisnis yang menunda di sebabkan karena tidak ada modal, akan tetapi bisnis di dunia online modal yang besar sudah tidak lagi di butuhkan. Terkecuali anda ingin menjual barang yang di stok sendiri di rumah maka modal besar tetap di butuhkan.

4. Bebas Menjual Produk Apapun
Dunia online menawarkan banyak hal untuk para pelaku bisnis, mereka di beri potensi untuk dapat menjual segala jenis produk mulai dari produk fisik hingga digital yang tidak bisa di pegang oleh tangan manusia. Contoh produk digital yaitu software ataupun yang lainnya.

5. Bisa Berjualan Meskipun Tidak Ada Modal
Untuk anda yang belum memiliki modal yang cukup untuk memulai sebuah usaha tetaplah tenang dan jangan khawatir karena di bisnis online anda dapat berjualan meskipun tidak ada modal.

Caranya yaitu dengan menjual produk orang lain dengan menambahkan sedikit harga sebagai upah anda dalam membantu memasarkan produk orang lain. Dapat juga meminta diskon kepada si pemilik produk agar mau mengurangi harganya.

Dari ulasan di atas apakah anda sudah tahu apa yang di maksud dengan bisnis online?

Jenis Bisnis Online
Kegiatan bisnis online ini bisa diwujudkan dalam berbagai jenis (wujud tampilan di internet). Antara lain berbentuk:
• Website
• Toko online atau marketplace
• Blog
• Akun sosial media

Pengertian Bisnis Online Menurut Para Ahli

Belajar tentang bagaimana membangun bisnis online harus dilakukan dengan beberapa tahap. Mulai dari memahami pengertian bisnis online itu apa (dari ahlinya tentunya), bagaimana cara memulainya, sampai ke mengembangkan menjadi bisnis yang serius.

Penting untuk memahami teori terlebih dahulu. Bukan berarti melupakan praktek, tetapi untuk membangun rencana yang matang. Rencana matang inilah yang harus kita ulik dan hanya bisa didapat dari mereka yang sudah ahli. Istilahnya, belajar dari pengalaman orang lain.

Nah, dalam tulisan ini, kita akan membahas tentang pengertian bisnis online menurut para ahli. Mulai dari KBBI, Wikipedia, dan para pakar bisnis di Indonesia maupun luar negeri. Langsung simak aja yuk!

– Pengertian Bisnis Online Menurut KBBI
– Pengertian Bisnis Online Menurut Wikipedia
– Pengertian Bisnis Online Menurut Pakar Indonesia
– Yudhi Wicaksono
– Jasmadi dan Solusindo
– Dedik Kurniawan
– Pengertian Bisnis Online Menurut Pakar Luar Negeri
– Menurut Hent dan Urwick
– Menurut L. R. Dicksee
– Menurut Owen

Pengertian Bisnis Online Menurut KBBI
KBBI menerangkan, bisnis online adalah usaha komersial dalam bidang perdagangan yang dilakukan menggunakan internet sebagai medianya. Usaha komersial ini bisa berupa barang atau jasa.

Jika dilihat dari pengertian tersebut, maka fokus dari bisnis online tetaplah sama dengan bisnis offline. Sama-sama melakukan transaksi jual beli dengan menggunakan uang sebagai alat transaksinya. Hanya berbeda media saja.

Pengertian Bisnis Online Menurut Wikipedia
Wikipedia menjelaskan, bisnis online merupakan serangkaian aktivitas dalam jual beli barang dan jasa lewat internet. Aktivitas tersebut juga meliputi proses pengenalan produk yang dilakukan melalui kegiatan pemasaran digital.

Selain menggunakan uang sebagai alat transaksinya, dalam bisnis online bisa saja menggunakan uang elektronik. Uang elektronik di Indonesia sudah banyak berkembang, sebut saja Gopay, Dana, Ovo, LinkAja, dan masih banyak lainnya.

Pengertian Bisnis Online Menurut Pakar Indonesia
Mengenal bisnis online secara lebih mudah melalui pengertian dari para pakar bisnis di tanah air. Bisnis yang dilakukan tentu sangat bergantung pada lokasi, budaya, dan kebiasaan masyarakatnya.

Yudhi Wicaksono
Bisnis online ialah aktivitas jual beli dalam jaringan (daring) dengan memanfaatkan fitur belanja online seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Blibli, hingga toko online sendiri. Selain itu juga ada aktivitas untuk membangun merek kepada calon konsumen.

Dalam aktivitas tersebut juga nantinya akan ada proses pemasaran produk. Pemasaran dimulai dari mengenali target audiens, mencari di mana mereka biasanya berkumpul, menggali apa saja masalah mereka, memberikan solusi-solusi kreatif kepada mereka, dan barulah mengenalkan produk kita.

Jasmadi dan Solusindo
Bisnis online merupakan wadah untuk berbagi informasi yang kita miliki dan ahli di bidangnya, kemudian berhasil mengumpulkan banyak orang yang punya minat sama dan membentuk komunitas yang saling mendukung di sosial media maupun forum internet.

Barulah, nanti kita hadir sebagai pembawa solusi untuk mereka yang memiliki kendala dengan menawarkan produk berkualitas. Hal ini lebih mengarah pada fase untuk mengajak orang-orang yang ada di internet mulai dari mengenal, tertarik, mencoba, hingga berlangganan dan jadi pelanggan loyal.

Dedik Kurniawan
Bisnis online merupakan serangkaian aktivitas yang dilakukan oleh orang di internet untuk bertransaksi atau dalam bahasa sehari-hari disebut juga belanja online. Aktivitas belanja tentu tidak serta merta langsung pergi ke pasar online seperti Shopee atau Tokopedia lalu membayar barang yang dibeli.

Tetapi, lebih dari itu. Kita memulai dari kegiatan yang bersifat kasual, seperti berbagi foto di sosial media, melihat orang lain punya barang yang bagus, mencari tau brand apa dari barang tersebut, di mana kita bisa membelinya, hingga memutuskan untuk membeli barang yang diincar.

Pengertian Bisnis Online Menurut Pakar Luar Negeri
Menilik definisi sederhana tentang bisnis online jika ditinjau dari para pakar bisnis luar negeri yang sudah malang melintang sebelumnya. Pakar-pakar ini telah mempelajari seluk beluk ilmu ekonomi dengan cukup baik.

Menurut Hent dan Urwick
Bisnis online adalah serangkaian kegiatan dalam proses jual beli yang dilakukan oleh beberapa pihak, meliputi produsen, distributor, dan konsumen. Proses ini tidak serta merta terjadi begitu saja. Namun harus melalui proses yang panjang dan membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Selain produk, bisnis online menurut Hent dan Urwick juga meliputi pelayanan jasa. Jasa yang diberikan haruslah memenuhi kebutuhan konsumen. Konsumen bisa dari masyarakat, pemerintah, hingga korporasi itu sendiri. Pemenuhan kebutuhan

Menurut L. R. Dicksee
Bisnis online dikaitkan dengan ilmu ekonomi yang umum meliputi 3 hal utama, yakni produsen, distributor, dan konsumen. Roda tersebut-lah yang akhirnya menunjang setiap aktivitas belanja online di internet yang kita lakukan sehari-hari.

Peran ketiga pihak tadi sangat berhubungan dan sama pentingnya. Apabila salah satu tidak terpenuhi kebutuhannya, atau ada kendala, maka akan terjadi ketidakseimbangan dalam roda bisnis online.

Menurut Owen
Bisnis online merupakan kegiatan yang fokus pada pemenuhan kebutuhan konsumen yang dilakukan oleh produsen dengan cara membuat produk berupa barang dan jasa. Barang dan jasa inilah yang nantinya didistribusikan kepada konsumen supaya masalah mereka bisa terselesaikan.

Dalam pertukaran tersebut, ada yang namanya nilai transaksi. Nilai transaksi ini bisa berbeda-beda sesuai kesepakatan penjual dan pembeli. Faktor yang mempengaruhi besaran nilai transaksi juga bermacam-macam, mulai dari pengaruh brand, tingginya permintaan, hingga langkanya barang atau jasa.

Nah, itulah tadi beberapa penjelasan singkat tentang pengertian bisnis online menurut para ahli. Mulai dari definisi KBBI, Wikipedia, pakar bisnis di Indonesia hingga luar negeri.

Mudah-mudahan, Anda bisa terbantu dengan beberapa penjelasan di atas. Semoga makin jago dan siap untuk memulai bisnis online, ya. Semangat!

TIPS MEMULAI BISNIS ONLINE
Penjabaran tentang pengertian bisnis online memang luas sekali, Bahkan kalau diterangkan di halaman ini tentu tidak pernah selesai, Untuk itu saya hanya berbagi poin penting saja tentang pengertian bisnis online.
Nah! Sebelum kita membahas tips memulai bisnis online sebelumnya kita bahas Syarat apa saja yang digunakan untuk memulai bisnis online.

Empat Syarat untuk Memulai Bisnis Online Anda Segera
Jika anda baru terjun di bisnis online dan ingin segera memulai bisnis online anda secepatnya, segera penuhi ke empat Syarat bisnis tersebut untuk segera mendapatkan hasil.

Syarat 1: Produk atau Jasa
Jika anda belum memiliki produk sendiri, bisa dimulai dengan mencari produk,Jasa atau apapun yang bisa anda tawarkan sebagai Bisnis/Layanan anda
Ingat, alasan orang memberi anda uang adalah karena anda punya sesuatu untuk diberikan pada pembeli anda (produk atau jasa anda).
Jika anda sudah punya produk, kini anda perlu tempat dimana orang bisa melihat produk anda, melihat harga, melihat spesifikasi produk yang anda jual, dan membeli produk yang anda jual.

Baca : Cara Menemukan Suplier Produk Terpercaya

Syarat 2 : Media Bisnis Online
Sekarang ketika anda sudah punya produk atau jasa untuk dijual, kini anda butuh tempat untuk meletakkan produk anda di internet, dan menjadikannya bisa dilihat dan diakses orang lain. Media Jualan atau Bisnis Anda bisa berupa Situs ,Akun Sosial Media atau Apapun yang Menjadikan Orang Bisa melihat produk dan melakukan Pembelian.

Baca : Panduan Cara Membuat Website Toko Online WordPress Woocommerce

Syarat 3 : Sistem
Tentukan sistem bisnis online atau Pemasaran Anda apakah dengan sistem Reseller,Dropship ataukah Affiliate.
Masing masing sistem memerlukan penanganan khusus dan berbeda satu sama lainnya

Baca : Cara Membangun Sistem Bisnis Online Reseller Dropship dan Affiliate Membership

4. Syarat : Pembeli
Jika anda sudah mempelajari semuanya tentang pembuatan situs Website /Toko online. kini anda sudah lebih mahir dan canggih dibanding 90% pebisnis lokal di luar sana.
Yang anda perlukan kini adalah membawa pengunjung ke situs anda. Anda bisa melakukan ini dengan berbagai cara. Salah satu cara yang populer adalah dengan menggunakan mesin pencari untuk membawa pengunjung ke situs anda. Hal ini membantu orang lain yang ingin mencari anda atau bisnis anda untuk menemukan anda.

Baca : Cara Mendatangkan Banyak Pengunjung ke Website Toko Online Anda

Berikutnya setelah Anda tahu tentang pengertian bisnis online dan beberapa syarat untuk memulai bisnis online. berikut ini adalah tips atau langkah tepat untuk memulai bisnis online. Jika Anda ingin tahu benar tentang bisnis online
• Menjalankan bisnis online Anda harus memiliki web atau blog. kenapa? Web atau blog adalah rumah Anda, yang dimana peran rumah sangat penting untuk menerima tamu atau untuk menjual barang. jadi kalau Anda ingin berbinis online Anda harus memiliki blog atau web untuk menjalankan bisnis internet Anda.
• Bergabung di Media Sosial adalah salah satu cara untuk promosi produk yang Anda jual. Pengertian bisnis online sendiri sangat luas jadi memanfaatkan media sosial untuk promosi produk adalah hal yang paling tepat bagi Anda yang ingin menjual barang di internet.
• Menggunakan Forum jual beli adalah pilihan yang terbaik untuk menjalankan bisnis online. Baik Anda yang memiliki toko online atau bisnis lainnya menggunakan forum jual beli adalah pilihan yang paling tepat dan ini adalah salah satu bagian dari pengertian bisnis online.

Setelah mengetahui tips memulai bisnis online, tidak ada salahnya kita harus mengetahui manfaat dan tantangan apa saja yang ada dalam bisnis online.

Komponen Bisnis Online Pada Toko Online Anda
Membangun website | toko online untuk bisnis online yang handal dan fokus pada kepentingan bisnis serta mengutamakan pelayanan yang terbaik bagi kemudahan, kenyamanan serta keamanan berbisnis dan bertransaksi harus mempersiapkan komponen-komponen berikut ini:

1. Toko Online
Toko online harus dipersiapkan secara khusus untuk keperluan bisnis online, dimulai dari desain, fasilitas serta konten atau isi yang benar-benar mencerminkan presentasi bisnis yang baik

yaitu mudah digunakan, informasi yang lengkap mengenai produk dan disusun secara sistematik sehingga konsumen merasa nyaman menggunakannya sekalipun konsumen tersebut masih awam menggunakan toko online.

Website bisnis yang disusun secara sistematik dengan pengelompokan produk (kategori) yang baik akan memudahkan konsumen dalam mencari produk yang mereka inginkan,

hal ini berguna agar proses transaksi pembelian lebih cepat terwujud

dibanding website yang penyusunan kategori nya kurang baik sehingga menyulitkan konsumen dalam mencari produk dimana

hal ini bisa membuat konsumen bosan dan tidak menutup kemungkinan akan segera pergi mencari website lain.

Baca Juga: Cara Mendatangkan Pengunjung ke Toko Online Baru

2. Produsen / Distributor Produk
Produsen atau pihak yang mengeluarkan produk merupakan salah satu komponen yang harus ada dalam website bisnis (e-commerce) khususnya website yang menjualkan produk mereka.

Bisnis yang memproduksi produk sendiri tidak memerlukan produsen karena ia merupakan produsen produk yang dijual.

Jika kamu adalah Produsen, maka komponen penting dalam bisnis online kamu adalah Reseller.

3. Konsumen
Konsumen merupakan salah satu komponen dalam bisnis online.

Konsumen atau pengunjung dan pembeli di website e-commerce harus mendapat perhatian yang utama sehingga website e-commerce diupayakan didesain dan diberi fasilitas yang dapat memudahkan konsumen dalam mencari dan menemukan produk yang mereka butuhkan.

Website e-commerce harus mengutamakan pelayanan yang terbaik bagi konsumen.

Fasilitas yang berhubungan dengan penyediaan informasi produk, mudah ditemukan di mesin pencari Google , link yang mudah terhubung dengan cepat ke berbagai produk,

kemudahan sistem pembayaran atau sistem transaksi, dan kemudahan system komunikasi yang interaktif dengan konsumen.

4. Bank
Salah satu komponen e-commerce yang berkaitan dengan sistem transaksi dan pembayaran adalah bank.

Bank diperlukan dalam sistem e-commerce terutama untuk validasi pada penggunaan kartu kredit dalam transaksi tersebut.

5. Ekspedisi Jasa pengiriman barang
Produk yang dibeli oleh konsumen pada akhirnya harus segera dikirimkan kepada mereka,

hal ini dilakukan setelah konsumen mentransfer uang seharga produk kepada penjual produk atau pemilik website.

Pengiriman produk biasanya dilakukan oleh perusahaan yang bergerak dalam jasa pengiriman barang (shipping company).

Pemilik web e-commerce sebaiknya mempunyai link dengan perusahaan shipping company tersebut sehingga ia dapat mengetahui posisi barang ketika melakukan pengiriman.

Pembeli seringkali menanyakan apa barang sudah dikirim dan saat ini posisi barang sudah dimana,

ketika pertanyaan ini muncul pemilik web dapat menanyakan hal ini kepada admin perusahaan shipping company secara online sehingga informasi dapat segera diperoleh dan secepatnya diberitahukan kepada konsumen agar ia tenang.

6. Legalitas
Legalitas diperlukan oleh website e-commerce yang besar atau menjual multi produk berupa sertifkat digital yang dikeluarkan oleh lembaga yang memiliki otoritas khusus.

Legalitas ini diperlukan untuk memperoleh ijin transaksi yang biasanya dilakukan antar Negara dimana konsumen berada di luar negeri atau di negara yang berbeda untuk menjamin keamanan transaksi.

7. Sistem Database
Pemasaran Daring pada pelaksanaannya sama seperti pemasaran di dunia nyata atau Luring. Jika pada pemasaran Luring membutuhkan data riil yang harus diolah, atau perusahaan harus mengedit data untuk keperluan perusahaan, di dunia Daring hal seperti itu juga berlaku namun dalam bentuk yang berbeda. Perusahaan yang bergerak di semua bidang yang menghasilkan produk atau jasa memerlukan data yang akan menjadi materi yang disajikan dalam media Daring seperti website atau jejaring sosial seperti facebook. Pengertian Data adalah fakta berupa Teks, Angka, gambar, kombinasi Teks dan angka serta gambar (gambar 2 dan 3 dimensi), bahkan bisa berupa video (audio visual).Data menjadi modal yang penting untuk keberhasilan sebuah perusahaan dalam menggunakan media Daring. Pada proses pemasaran Daring data menjadi unsur penting yang selanjutnya akan diolah menjadi informasi bagi user atau pengunjung. Itulah sebabnya dikalangan web masterdikenal istilah “Content is King” didalam dunia Daring, seperti di dunia Luring dikenal “pembeli adalah raja”.

8. Perangkat Lunak (Software)
Perangkat Lunak (software) yang digunakan dalam pemasaran Daring bisa dijumpai atau bisa didapatkan di dunia maya secara gratis (free of charge) atau berbayar. Software yang ada bisa dipelajari dengan mudah oleh siapapun. Beberapa software yang mendukung untuk keperluan pemasaran Daring diantaranya software untuk desain website seperti Dreamweaver , software untuk browser internet seperti Firefox, Google Chrome, Opera, Internet Explorer dan lain sebagainya. Jika anda sudah bisa menguasai bahasa pemrograman seperti HTML dan PHP, maka edit website akan lebih mudah dilakukan. Lebih khusus software yang digunakan dalam pemasaran bisa dilakukan dengan alat bantu seperti Google Analityc, Google Adword, Google Trends dan lain sebagainya.

9. Keahlian (Skill)
Cara pemasaran Daring atau pemasaran didunia maya memiliki banyak perbedaan dalam banyak hal. Keahlian yang harus dimiliki perusahaan atau perorangan yang ingin berkecimpung dalam pemasaran Daring diantaranya adalah sebagai berikut;
– Mampu mendesain Situs (Website Design),
– Mampu Membuat Blog,
– Mampu Optimasi SEO Website Toko online (Search Engine Optimization),
– Mampu memasarkan menggunakan email (email marketing),
– Mampu Menggunakan Media Sosial (Social Media Marketing),
– Mampu Melakukan Riset Produk, Riset Target Market, menganalisa trend produk di Market
– Membuat Sistem Pengamanan website toko online untuk menghindari adanya serangan yg akan merusak website toko online (serangan ddos,malware,hacker,dll).

Manfaat Dan Tantangan Bisnis Online

Potensi penghasilan dari bisnis online memang menggiurkan, namun proses dan tantangan yang harus kita hadapi pun bukan sesuatu yang ringan.

Ada banyak hal yang bisa kita pertimbangkan ketika hendak memulai bisnis online atau mengonlinekan bisnis yang sudah ada, terutama jika Anda bukan seseorang yang familiar dengan komputer, atau bahkan belum pernah membangun bisnis sebelumnya.

Manfaat Bisnis Online
Dengan kondisi ekonomi yang kian tidak menentu, banyak perusahaan yang tidak memanfaatkan internet, perlahan mulai gulung tikar. Internet telah menciptakan perusahaan dengan model baru, yang mengubah persepsi tradisional dalam melakukan sebuah bisnis.

Rata-rata pertumbuhan e-commerce sebesar 25% per tahun, dan dari 7,2 juta UMKM yang ada di Indonesia, sekitar 36% melakukan penjualan melalui media sosial seperti Instagram. Selain itu para UMKM merasa omzetnya mengalami peningkatan sebesar 80% dibandingkan sebelumnya, yang menjual produk hanya melalui cara konvensional.

Apabila, fakta-fakta di atas belum dapat meyakinkan Anda untuk memulai melakukan bisnis secara online, mungkin beberapa manfaat di bawah ini dapat membantu menentukan keputusan.

1. Modal Relatif Kecil
Sudah bukan rahasia lagi, jika salah satu keuntungan menjalankan bisnis online adalah karena modal yang diperlukan terbilang relatif kecil. Jauh berbeda jika dibandingkan dengan bisnis offline yang harus memiliki tempat untuk penyimpanan barang, kantor administrasi, dan toko penjualan, sedangkan apabila Anda melakukan penjualan secara online Anda dapat berhemat dalam penggunaan tempat.

Selain itu, modal dalam berbisnis online hanyalah gadget dengan fitur mendukung, kemampuan dan kuota internet.

2. Mudah Dilakukan
Hampir semua pelaku bisnis online, pada saat ditanya kenapa memilih bisnis online dibandingkan bisnis konvensional? Rata-rata pelaku bisnis online menjawab karena mudah dilakukan.

Pernyataan tersebut memang tidak salah, sebab bisnis online memang sangat mudah dilakukan karena Anda dapat menjalankan bisnis online darimana saja dan kapan saja. Yang terpenting adalah Anda memiliki koneksi internet yang stabil.

3. Biaya Operasional yang Lebih Efisien
Jika membuka toko offline, mungkin biaya operasional yang akan Anda keluarkan sangat besar. Biaya operasional yang dimaksud seperti, sewa bangunan, biaya tenaga kerja, biaya listrik, dan sebagainya yang akan berpengaruh terhadap produksi Anda.

Tetapi hal tersebut tidak ditemukan, apabila Anda menjalankan bisnis online, maka biaya operasional yang akan dikeluarkan relatif lebih efisien. Hal tersebut dikarenakan Anda cukup mengeluarkan biaya operasional untuk biaya PLN, internet atau paket data, biaya pengepakan saat barang akan dikirim, dan biaya karyawan jika Anda memiliki karyawan. Inilah salah satu keuntungan dari bisnis online, yaitu hemat di biaya operasional.

4. Menjangkau Konsumen Secara Luas
Keuntungan bisnis online selanjutnya adalah Anda dapat menjangkau konsumen secara lebih luas. Jika hanya mengandalkan berjualan secara offline, Anda hanya dapat menjangkau konsumen yang ada di sekitar saja. Anda tidak bisa menjangkau konsumen di luar wilayah.

Hal ini tidak akan ditemukan dalam berbisnis online. Karena dengan berbisnis online Anda bisa menjangkau konsumen secara luas lagi. Tidak hanya satu kota, satu provinsi, bahkan satu negara pun bisa Anda jangkau.

Dikarenakan cakupan konsumen di bisnis online tidak terikat dengan masalah geografis. Keuntungan tersebut hanya didapat dari jika Anda menjalankan bisnis online.

5. Tidak Terikat Waktu
Salah satu hal yang paling menarik apabila menjalankan bisnis online adalah tidak mengenal waktu, hal itu dikarenakan Anda dapat melakukan bisnis online kapan saja sesuai dengan waktu luang yang dimiliki.

Dikarenakan, kegiatan-kegiatan bisnis online kebanyakan sifatnya otomatis tanpa harus mengontrol, bisnis online akan tetap berjalan sebagaimana mestinya.

Bisnis online juga tidak memiliki batasan waktu, baik pagi, siang, malam, detik, menit, dan jam. Segalanya bersifat instan, mudah, dan ketersediaan Anda dalam membalas pesan-pesan konsumen.

6. Pemasaran Bisa Lebih Murah
Apabila Anda menjalankan bisnis offline mungkin mengeluarkan cukup banyak uang untuk biaya pemasaran produk, seperti memasang iklan, mencetak brosur, dan sebagainya. Sedangkan, ketika Anda memiliki bisnis online, Anda dapat berjualan sekaligus mempromosikan produk dengan biaya yang lebih murah dan dapat dijangkau secara luas, karena tidak dibatasi oleh letak wilayah.

Biasanya pelaku bisnis online, memanfaatkan media sosial seperti Instagram dan Facebook dalam memasarkan produk, karena kedua media sosial tersebut memiliki banyak pengguna di seluruh penjuru dunia.

Meskipun begitu, ada beberapa tantangan yang mau tidak mau harus kita hadapi, antara lain:
• Membutuhkan kemampuan teknis mengenai website dan internet
• Pengeluaran biaya untuk gadget, perangkat komputer, dan software pendukung
• Resiko penipuan online

Setelah kita membahas manfaat dan tantangan berbisnis online, biasanya ada yang suka bertanya , bisa ga sih memulai berbisnis online gratis tanpa modal sama sekali ????
Jawabannya BISA!

Tapi saya sarankan anda untuk tidak menggunakan cara gratisan ini karena meski anda merasa lebih murah di awal, namun sebenarnya anda menghabiskan lebih banyak uang karena akan sangat menghabiskan waktu anda.

Waktu yang sebenarnya bisa anda habiskan untuk melakukan promosi bagi situs anda sehingga mendapatkan lebih banyak pengunjung malah jadi harus dihabiskan untuk memperbaiki situs anda, menambahkan gambar, memperbaiki tampilan, dan lain-lain.

Belum lagi toko online gratisan tidak memiliki fitur sebagus atau secanggih toko online premium yang dibuat dengan WordPress di hosting anda sendiri.

Dan tampilan toko online gratisan kurang bisa anda atur semau anda. Belum lagi nama domain anda yang jadi harus ada embel-embel blogspot atau multiply-nya, menjadikan toko online anda lebih sulit untuk dipercaya.

Menjalankan bisnis berbasis online, Anda tentu akan membutuhkan sejumlah pengetahuan mengenai marketing. Bisnis online akan memberikan kesempatan yang sangat luas untuk berkembang setiap saat sesuai dengan perkembangan/tren yang terjadi.

Namun, hal ini juga tentu menjadi tantangan besar di mana setiap saat akan terjadi perubahan dengan cepat dalam bisnis global. Yang jadi pertanyaan adalah apakah Anda siap untuk mengikutinya setiap waktu?

Untuk tetap bertahan di bisnis ini, Anda wajib menguasai internet marketing. Dengan begitu, Anda bisa melakukan pemasaran bisnis secara maksimal. Hal ini mungkin tidak akan mudah, mengingat tingginya tingkat persaingan yang terdapat di dunia bisnis online sehingga akan membutuhkan berbagai macam strategi jitu dalam pemasaran yang akan dilakukan.

Salah satu hal yang wajib dilakukan untuk tetap eksis dalam bisnis ini adalah dengan cara memaksimalkan content marketing. Pada dasarnya, untuk semua bisnis online yang menggunakan website, blog, social media, ataupun marketplace lainnya, penggunaan content marketing menjadi hal yang wajib untuk dilakukan. Hal ini akan memudahkan penyampaian setiap promosi yang dilakukan di mana hal tersebut dapat diterima dengan lebih baik dan menarik oleh para pelanggan.

Pemasaran yang biasa-biasa saja tentu akan membosankan dan membuat pelanggan enggan untuk berkunjung ke website Anda. Hal ini pasti akan menjadi kendala besar dalam perkembangan bisnis yang sedang dijalankan.

Untuk mengatasi inilah, content marketing dapat dilakukan di mana bentuk pemasaran akan menjadi lebih terarah dan tidak terkesan memaksa dan membosankan bagi para pelanggan.

Berikut ini beberapa alasan mengapa content marketing sangat dibutuhkan dalam pengembangan bisnis:

1. Content Punya Nilai yang Membuatnya Menarik dan Patut Dibagikan
Mau Banyak Dikunjungi dan Banyak Untung yang Didapat? Hiasi Website dengan Content
Content marketing yang bagus dan menyasar pada target pembaca akan membuat visitor/pelanggan begitu senang untuk membagikannya melalui social media mereka. Hal ini tentu akan mempermudah dalam melakukan kegiatan promosi bisnis Anda. Pelanggan akan sukarela turut serta dalam mengembangkan bisnis tersebut dengan cara membagikan content yang memang layak diketahui.

Namun, hal ini juga bukan sebuah pekerjaan yang mudah untuk dilakukan. Keterampilan Anda dalam membuat contentyang berkualitas akan sangat dibutuhkan. Pelanggan akan malas ketika membaca content yang membosankan, biasa, memaksa, “garing”, dan tidak memiliki kualitas/informasi yang berguna. Karena itu, sangat penting untuk memahami dengan baik apa dan bagaimana sebenarnya content punya pengaruh siginifikan dalam bisnis online Anda.

Jika telah memahami hal di atas, Anda jadi tahu bagaimana menghasilkan content yang berkualitas. Artinya, contenttersebut menjawab kebutuhan pelanggan dengan baik, membuat pelanggan tertarik, dan akhirnya men-share-nya. Dengan begitu, banyak visitor baru berdatangan dan melihat produk Anda sehingga dengan sendirinya angka penjualan akan mengalami peningkatan.

2. Website Terlihat Fresh dan Dinamis karena Content
Pada dasarnya, orang-orang yang gemar belanja online saat ini sudah semakin cerdas. Mereka tidak akan membeli dan menggunakan produk sambil “menutup mata”. Sebab mereka tidak memiliki sejumlah informasi yang lengkap tentang produk yang akan dibeli. Hal inilah yang akan dijawab content yang Anda posting di website.

Visitor tidak akan mengambil keputusan dengan mudah. Sebab mereka butuh informasi selengkap-lengkapnya hingga mereka yakin mau membeli, termasuk dengan keberadaan sejumlah informasi yang diberikan content marketing yang disediakan di website Anda. Namun, apakah hal ini saja cukup?

Tentu saja tidak. Sebab visitor akan sangat tertarik pada berbagai content yang baru dan dapat memenuhi semua rasa ingin tahu mereka. Hal ini membuat Anda harus selalu memproduksi terus content yang baru di website Anda. Selalu perbarui content dan buatlah makin baik serta informatif sehingga visitor tidak akan kecewa ketika datang dan menemukan content yang itu-itu lagi.

Hal ini akan sangat berpengaruh pada tertarik atau tidaknya visitor untuk melakukan pembelian, termasuk kembali atau tidaknya visitor. Jangan bosan untuk selalu menyediakan content yang baru dan tentunya yang berkualitas baik sehingga rasa ingin tahu visitor terpenuhi dengan baik.

3. Content Jadi Pilihan Hemat dan Efektif Mempopulerkan Brand
Keseriusan Anda dalam membuat dan menyediakan content yang berkualitas akan membantu dalam memaksimalkan kegiatan promosi terhadap bisnis yang dijalankan saat ini. Ini bahkan bisa menjadi jalan utama dalam kegiatan marketing. Karena itu, selalu pastikan Anda melakukannya dengan baik dan tepat.

Berikan waktu untuk menyediakan dan mem-posting berbagai content yang menarik. Akan lebih baik jika ini dilakukan dengan terjadwal. Anda memiliki waktu-waktu terbaik untuk melakukannya. Hal ini akan membantu untuk dapat merangkul pelanggan dan membuat mereka mengingat dengan baik kapan Anda akan menghadirkan content baru.

Jika konsisten melakukan ini, pelanggan juga akan lebih mudah mengingat dan mengenal brand Anda dibandingkan dengan yang lainnya. Dengan begitu, peningkatan penjualan akan semakin mungkin tercapai. Jadwalkan kegiatan posting secara berkala sehingga peluang terciptanya angka penjualan akan semakin besar.

Semakin banyak melakukan kegiatan posting ini, semakin besar kemungkinan pelanggan akan melakukan pembelian. Sebab mereka akan semakin kenal dengan brand Anda. Kegiatan ini juga menjadi kesempatan yang sangat baik untuk bisa meraih pelanggan baru.

Masalah dan Solusi Bisnis Online

Maraknya bisnis online Ada beberapa hambatan yg menjadi kendala kita, saat memulai usaha. Hal inilah yg membuat banyak orang akhirnya gulung tikar, dan meninggalkan peluang usaha onlinenya

Dibawah Ini Kami Informasikan Kendala Bisnis Online Dan Solusinya

1. Banyaknya penipuan di dunia maya, membuat kepercayaan konsumen akan peluang usaha online masih kurang. Penipuan yg sering terjadi yaitu uang sudah dibayarkan namun produk tidak dikirimkan, atau kualitas produk tidak sesuai dgn gambar yg ditampilkan.

Solusi : untuk meyakinkan konsumen, cantumkan alamat lengkap dan contact person yg bisa dihubungi konsumen baik melalui chating, telepon atau sms. Selanjutnya, jaga kualitas produk yg Anda tawarkan. Serta lengkapi gambar produk dgn keterangan pendukung, misalnya saja jenis bahan yg digunakan, harga produk, tipe produk, ukuran produk, dll. Sehingga konsumen benar-benar memperoleh informasi secara detail.

2. Persaingan bisnis online yg sangat tinggi. Kemajuan teknologi, mendukung sebagian besar orang memasarkan produknya melalui internet. Jadi bisa dipastikan persaingannya sangat ketat, lihat saja peluang bisnis toko online, reseller produk, atau affiliate yg sudah dijalankan ribuan orang di berbagai negara.

Solusi : sebaiknya tawarkan produk yg memiliki keunikan tersendiri, jadi persaingannya tidak terlalu tinggi. Lalu, dukung dgn kegiatan promosi bisnis online seperti optimasi seo, memberikan konten gratis pada konsumen, memasang iklan baris atau baner di website/blog terkenal, bergabung dgn forum bisnis online, atau bisa juga dgn memasarkannya secara offline. Sehingga bisnis Anda semakin dikenal banyak orang.

3. Kendala koneksi internet. Bagi pelaku bisnis _disibledevent=”on”>kota, mungkin koneksi internet bukan menjadi kendala. Namun bagi rekan-rekan yg tinggal di daerah pinggiran, koneksi internet masih sangat terbatas.

Solusi : Anda bisa memanfaatkan modem internet yg saat ini sudah banyak diproduksi para provider komunikasi. Pilih modem yg sinyalnya memang bagus di daerah Anda, sehingga koneksi internet juga tidak terhambat.

4. Terbatasnya pengetahuan tentang bisnis online. Banyak orang yg ikut-ikutan menjalankan bisnis affiliate atau membuka toko online, namun dia tidak mengetahui apa saja yg harus dilakukan untuk menunjang kesuksesan bisnisnya. Sehingga bisnis online yg dijalankan, hasilnya juga tidak optimal.

Solusi : untuk menambah pengetahuan, Anda bisa mempelajarinya dari buku bisnis online yg sudah banyak beredar di pasaran, atau bisa juga dgn mencari panduan serta mengikuti kursus online yg saat ini banyak ditawarkan oleh para pakar bisnis online dan pakar internet marketing.

Nah, setelah mengetahui solusi dari setiap kendala yg menghambat bisnis online. Anda tidak perlu ragu lagi untuk memulai peluang usaha di dunia maya. Yg terpenting, kuatkan tekad Anda karena setiap kendala pasti ada solusinya.

Jenis Bisnis Online Tanpa Modal

Berikut ini adalah enam jenis peluang bisnis online yang bisa dikerjakan tanpa modal

1. Jadi Pengiklan Website (Ads Publisher)
Bisnis online yang tidak membutuhkan modal banyak adalah menjadi seorang pengiklan website. Bisnis ini bisa dilakukan sendiri di rumah, bahkan tidak membutuhkan modal yang banyak. Saat ini semakin banyak orang yang menggeluti bisnis pengiklan website. Sebab bisnis ini dirasa simpel dan menguntungkan.

Anda bisa membuat website dengan konten yang menarik. Namun, jangan lupa untuk menentukan target pembacanya agar tidak salah sasaran. Dalam website nantinya, bisa ditambahkan iklan atau ads.

Tentu dari iklan tersebut bisa didapatkan uang yang lumayan banyak. Pastikan jika memiliki jumlah visitor signifikan pada website Anda agar nantinya pihak yang ingin produknya diiklankan mau agar iklannya dipasang di website tersebut.

2. Sebagai Pembangun List (List Building)
Bisnis online yang kedua adalah membuat list building. Bisnis ini tidak membutuhkan modal yang banyak, hanya saja Anda membutuhkan sebuah ketelitian yang benar-benar baik. Dalam bisnis ini Anda akan bermain dengan data, dan umumnya pelaku bisnis ini banyak dicari oleh perusahaan.

Dan data yang diambil juga bersifat umum, misalnya saja membangun list dari nomor WhatsApp, telegram, dan list tersebut juga bisa dikelompokan berdasarkan usia, gender dan lain sebagainya.

Ada banyak Panduan ,Buku dan ECourse yang mengajarkan Cara Membuat/Membangun List Database (List Building Database) Baik di Whatsapp, Telegram, dan Email

Anda bisa Baca Artikel : Panduan Cara Bangun List Database Customer

3. Memasarkan Produk sebagai Affiliate Marketer
Bisnis dengan minim modal lainnya adalah menjadi Affiliate Marketer. Bisnis ini sebenarnya berhubungan dengan list building dan bisnis ini juga memiliki target pasar. Anda harus bisa menemukan target market yang jelas dan sistem pendapatan pada bisnis ini adalah sistem komisi.

Anda akan memasarkan dan menjual produk, misalnya harga dari produk tersebut sekitar Rp10.000 dan bisa dijual hingga Rp50.000 artinya Rp40.000 akan menjadi milik Anda.

Anda bisa Baca Caranya disini : Cara Memulai Bisnis Ikut Program Affiliate Marketing

4. Membangun Online Shop/Toko Online
Toko online merupakan salah satu jenis bisnis online yang tidak membutuhkan banyak modal. Pada umumnya, toko adalah sebuah bangunan yang di dalamnya tertata rapi barang-barang dagangan, baik itu kebutuhan primer maupun sekunder. Namun, lain halnya dengan toko online. Toko online tidak membutuhkan toko fisik atau sebuah bangunan toko.

Anda hanya memerlukan gadget dan pandai dalam berbicara. Pastikan jika spesifikasi barang yang dijual sesuai dengan aslinya. Menjaga nama baik sangat diperlukan dalam membuka bisnis online. Sebab orang hanya tahu nama Anda atau nama toko saja dan itu pun melalui dunia maya.

Jika membuat suatu kesalahan seperti penipuan atau barang tidak sesuai spesifikasi, hal ini bisa menyebabkan orang kecewa dan memberikan testimoni yang buruk sehingga nama toko online Anda akan tercemar tidak baik.

Ada banyak panduan dan tutorial yg bisa anda baca dan pelajari untuk membuat blog,website toko online dan Landingpage baik di website praktisi website dan seo maupun ikut ECourse Bimbel Website.
Anda bisa kunjungi website ini untuk belajar cara buat website dan optimasi seo:
– Website PanduanIM
– Website StrukturKode
– Website MaxManroe
– Website SEOsatu
– dll…

Beberapa ECourse Bimbel Website Toko Online :
Bimbel Website RWPgrup
Bimbel Website Syamsul Alam
Bimbel Website Landingpage Kampus Marketing

5. Content Writer/Penulis
Peluang bisnis online tanpa modal lainnya adalah menjadi seorang penulis atau content writer. Menjadi seorang penulis tidaklah membutuhkan modal yang banyak. Namun, Anda membutuhkan ketelitian, pengetahuan yang luas, dan tentu gaya menulis yang baik.

Menjadi seorang penulis harus mampu memiliki pengetahuan tentang apa saja yang ada di lingkungan sekitar dan di seluruh lapisan masyarakat. Dari pekerjaan ini, Anda bisa mendapatkan uang yang lumayan banyak sehingga nantinya bisa memenuhi kebutuhan pribadi.

6. Menjual Jasa/Menawarkan Jasa
Peluang bisnis online rumahan tanpa modal lainnya adalah menjual jasa. Anda bisa menawarkan berbagai macam keahlian, misalnya maintenance website, SEO, dan lain sebagainya. Dalam bisnis ini, Anda tidak membutuhkaan waktu yang lama untuk mendapatkan uang.

Waktu bekerja, waktu duduk, Anda sendirilah yang akan menentukannya. Dalam bisnis online rumahan ini, Anda hanya membutuhkan sebuah komputer atau laptop dan tentunya koneksi internet yang lancar.

Anda bisa buat Landingpage Khusus untuk Penawaran Jasa dan Servis Anda menggunakan Template Landfoster Jarvis ,Template Landingpage dari Landfoster Khusus untuk Jasa Service

7. Vendor Affiliate Marketing Program
Jika anda apunya produk digotal yang bagus dan berpotensi Laris Manis. Maka Anda bisa Buat Program Affiliate Marketing . Anda bisa menawarkan Program Affiliasi kepada orang lain atau pebisnis online yang mau menjualkan produk Anda di internet, kemudian dari setiap penjualan yang terjadi, maka kita akan memberikan komisi dari penjualan tersebut. Biasanya sistem komisinya 30% ,50% atau 70%. Misalnya untuk produk seharga Rp.100.000, maka komisinya adalah Rp.50.000 (komisi 50%). Tetapi ada juga vendor Produk Digital yang mau memberikan komisi lebih besar misalnya 70% untuk Para affiliater

Ya itu karena Vendor affiliate Program tersebut sudah memiliki kredibelitas tinggi dan ahli dibidangnya, jadi mereka berani menaikkan harga komisi. Enak ya!!…
Salah satu tempat affiliate yang terkenal adalah di Clickbank.com , Ratakan Marketplace dan Botbisnis.com

8. PPC (Pay Per Click)
Hampir semua pebisnis online mengikuti program ini, karena sangat mudah dan simpel. PPC (Pay Per Click) adalah suatu program dimana kita akan dibayar jika ada yang mengklik iklan yang ada di website atau blog kita. Komisi yang diberikan bervariasi, misalnya ada yang dibayar $0,01 sampai $20 per kliknya atau bahkan lebih. Ada banyak sekali broker PPC yang ada di internet, misalnya yang paling terkenal adalah Google Adsense dan lainnya seperti AdBrite, AdEngage, ADster, AdToll, BidVertiser, Etology, ExoClick, Kontera, Miva, Oxado, WidgetBucks dll. Sedangkan PPC local diantaranya adalah kliksaya, kumpulblogger, ppcindo, adspeedy, adsensecamp.

9. PTR (Paid To Review)
Paid To review adalah salah satu sumber untuk mendapatkan uang dari internet dengan aktivitas ngeblog kita. Caranya adalah kita mereview atau menulis artikel tentang produk dari advertiser/pemasang iklan. Ada banyak sekali broker PTR di internet misalnya, SponsoredReviews, smorty, buyblogreviews, linkworth, blogvertise, dll. Di Indonesia juga PTR local seperti reviewmu.com

10. Membuat Produk Sendiri
Untuk anda yang memiliki kemampuan lebih dalam suatu bidang tertentu, ada baiknya membuat sendiri produk anda dengan menjual ide atau keahlian anda yang dikemas dalam produk digital seperti ebook, software, dan video training.
Dengan memiliki produk sendiri berarti keuntungan jadi lebih tinggi.
Anda bisa belajar membuat produk anda sendiri dengan menemukan Ide Untuk Dijual di Internet disini.

Ada Vendor yang mengadakan sebuah program Rebrand Produknya untuk siapapun yang mau menjual produk tanpa harus membuat sendiri dari Nol. Cukup Beli Produk Digitalnya dan Lakukan Proses ReBranding lalu Jual kembali dengan harga yang anda tentukan sendiri dan keuntungan Anda 100% dari setiap penjualan produk ReBrand tsb.

11. Sistem Keanggotaan Berbayar/Membership
Jika anda memiliki keahlian tertentu, anda dapat membuat kursus Belajar Bisnis Online seperti Anne Ahira yang mendirikan Asianbrain.com, atau Coza Aranda dengan cozaaranda.biz nya, ataupun membuat forum berbayar. Keuntungannya didapat dari iuran bulanan anggotanya. Sistem keanggotaan berbayar lainnya adalah dengan membuat Situs Iklan Baris Berbayar, dimana anda akan dibayar jika ada advertiser yang ingin memasang iklan di situs iklan anda. Atau bisa juga anda menyediakan ruang iklan di blog anda kemudian menawarkan orang untuk memasang iklannya disana.

Anda bisa membuat Website ELearning atau Kelas Membership Menggunakan Theme Laris Digital dan Plugin Sejoli Affiliate Membership untuk membuat website eLearning atau Kelas Berlangganan atau Membership Yg Profesional dengan Fitur Lengkap dan SEO Friendly pastinya.

12. Domain Parking
Domain Parking? Yah sama juga kali dengan mobil parkir, yang artinya tidak digunakan. Anda dapat memanfaatkan domain kosong anda atau anda sengaja membeli beberapa domain kosong untuk di parking. Domain kosong tersebut bisa diisi dengan iklan sehingga anda akan mendapatkan penghasilan dari iklan tersebut. Atau anda bisa mendaftarkan domain kosong anda untuk dipasangi iklan di parked.com

13. Web Developer (Jasa Toko Online / Online Store)
Jika anda memiliki sebuah usaha bisnis offline, seperti jual barang elektronik, jual baju, barang antik, atau apapun itu, anda bisa menjual barang dagangan anda di internet dengan membuat sebuah toko online. Didalamnya anda bisa menampilkan gambar-gambar produk beserta harganya layaknya sebuah katalog. Saat ini banyak sekali toko online yang ada di internet.
Jika anda tidak mempunyai produk, anda bisa bekerjasama dengan penjual barang atau teman anda yang punya usaha tertentu untuk di promosikan di internet dengan sistem bagi hasil.

Anda Bisa menggunakan Banyak Theme Premium maupun gratisan dari beberapa plateform spt Woocommerce,Wordpress,Divi,dll…
Namun jika ingin Membuat Website Toko online dan Landingpage dengan theme yg sudah ready bisa gunakan ini :
– Theme Landingpress
– Theme Zerolix
– Theme TokopressID
– Landingkit Plugin Landingpage
– Landfoster Plugin Template Landingpage
– Theme Marketpress
– Theme Affstore
– Theme Foodpress
– Theme InstaOrder

Lebih Detail utk Infonya Bisa Klik : Theme Plugin Landingpage WordPress Woocommerce

8. Jasa Pembuatan Bisnis (Akun Gmail,Akun Facebook,Akun Toko Marketplace & Akun Instagram)
Anda mempunyai keahlian dalam membuat Akun Berbagai Media Sosial dan Markerplace ?… Anda bisa Melakukan Ternak Akun gmail,Akun Instagram,Akun Facebook dan Alun Toko Marketplace utk di Jual kepada yg Butuh Untuk Memperbanyak Akun nya di Berbagai Media Pemasaran dan Media Sosial

9. Forex Online Trading
Online Forex Trading meskipun merupakan bisnis nyata, juga bisa dikatakan sebagai bisnis online, karena proses transaksinya menggunakan internet. Forex trading ini merupakan bisnis yang dapat mendatangkan keuntungan yang besar tapi sangat beresiko. Bagi anda yang belum memiliki keahlian (termasuk saya) dalam bidang ini sebaiknya jangan dicoba dulu deh, bisa bangkrut mendadak, hehe. Kecuali jika anda memiliki dana yang cukup diimbangi dengan keahlian, maka dijamin bisnis ini akan membuat anda kaya mendadak, hahahahahaa.

10. Layanan Domain dan Hosting
Ada banyak sekali layanan domain dan hosting baik di Indonesia maupun di luar negeri, bisnis domain dan hosting juga merupakan bisnis di internet yang menjanjikan.

Keunggulan,Manfaat,Kekurangan Bisnis Online Dibandingkan dengan Bisnis Offline

Haruskah Anda membangun bisnis secara online? Bila Anda tidak yakin tentang hal ini, Anda tidak sendirian. Yang perlu Anda lakukan adalah meyakinkan diri. Bahkan sebenarnya Anda harus sudah memulai bisnis secara online sejak bertahun-tahun lalu.

Kelebihan Bisnis Online
Berikut akan kami jabarkan beberapa kelebihan dari bisnis online yaitu :

1. Mengurangi Biaya
Keuntungan utama memiliki bisnis online adalah perbedaan biaya bila dibandingkan dengan mendirikan perusahaan berbasis kantor tradisional atau offline. Meskipun ada biaya yang terkait dengan pengamanan domain dan pemasangan situs web, ini sangat minim jika dibandingkan dengan penyewaan dan pemeliharaan bangunan fisik, pelajari juga cara memulai bisnis online shop.

2. Mengurangi Persyaratan Staf
Padahal di gerai ritel fisik pemiliknya perlu merekrut sejumlah staf penjualan, dengan bisnis online banyak pekerjaan dilakukan secara otomatis. Misalnya, membeli barang secara online tidak memerlukan kasir untuk melakukan pembayaran: pembeli hanya memasukkan rincian kartunya dan barangnya dibayar dalam beberapa menit.

3. Rentang yang lebih lebar
Dengan bisnis online, Anda dapat memasarkan perusahaan Anda dalam skala global, menjangkau calon pelanggan di negara dan benua lain. Anda harus memiliki sistem di tempat untuk mengirimkan barang atau jasa Anda ke lokasi yang jauh ini. Meskipun demikian, sementara bisnis fisik hanya bisa beriklan ke pelanggan di daerah setempat, memiliki bisnis online berarti Anda dapat mengekspos perusahaan Anda ke sejumlah besar pelanggan potensial.

4. Menghubungkan dengan Cepat
Melalui Internet, pemilik bisnis dan karyawan dapat terhubung dengan pelanggan dan anggota masyarakat lainnya lebih mudah dari sebelumnya. Alih-alih harus menghubungi atau mengunjungi toko untuk mendapatkan informasi tentang produk atau layanannya, pelanggan dapat mengirim email ke toko tersebut untuk mendapatkan jawaban. Pertumbuhan media sosial telah memberi pemilik usaha cara mudah lain untuk terhubung dengan pelanggan, yang bisa mengikuti halaman Twitter bisnis atau “Like” bisnis di Facebook.

5. Informasi
Jika Anda mencoba mempelajari jam buka toko tanpa situs web, mungkin Anda harus menelepon beberapa kali dan bisa ditransfer ke operator hanya untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan sederhana Anda. Jika bisnis memiliki situs web, Anda bisa memperoleh informasi ini dengan cepat dan mudah. Situs web bisnis dapat memberi banyak informasi yang relevan kepada pelanggan, termasuk informasi kontak, deskripsi produk dan riwayat perusahaan, pahami cara memulai usaha dari nol.

6. Penjualan
Memiliki situs web yang menawarkan pelanggan kemampuan berbelanja secara online dengan cepat dapat membantu memperbaiki bottom line keuangan perusahaan. Banyak konsumen lebih menyukai belanja online karena mudah dan nyaman. Mereka bisa berbelanja kapan pun mereka mau, tanpa garis dan tidak mengunjungi toko secara langsung. Toko online juga ideal bagi konsumen yang tidak tinggal dalam jarak yang cukup jauh dari sebuah toko. Melalui internet, konsumen ini tetap bisa berbelanja di toko.

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online

Kekurangan Bisnis Online

Selain memiliki beberapa kelebihan bisnis online juga memiliki beberapa kekurangan yaitu :

1. Impersonal

Salah satunya kelemahan yang bisa diperdebatkan untuk menjamurnya Internet dalam bisnis modern adalah bahwa beberapa korespondensi antara pelanggan dan bisnis dapat menjadi impersonal. Sebelum ke Internet, pelanggan yang memiliki keluhan dapat menghubungi manajer toko dan menyuarakan kekhawatirannya secara langsung. Ketika orang ini sekarang menyuarakan keprihatinannya melalui email, dia mungkin akan menerima surat formulir kembali, yang tidak memberinya kepuasan dalam berurusan dengan manusia.

2. Tidak Mencoba Sebelum Membeli

Meskipun ada sejumlah besar barang yang dapat dibeli secara online tanpa keraguan, ada barang lain, seperti pakaian, sepatu, perabotan dan gadget elektronik, yang disukai konsumen atau dilakukan sebelum mengambil keputusan pembelian. Dalam dunia ritel online “mencoba sebelum membeli” tidak mungkin dilakukan. Peritel online telah mencoba untuk mengimbangi ini dengan mengizinkan pengguna untuk meninjau produk dan dengan memajang foto dan video produk yang sedang beraksi, namun masih ada beberapa hal yang lebih baik dibeli atau diakses orang.

3. Kompetisi

Pengecer online lebih banyak memiliki persaingan di dunia ritel Internet. Meskipun ada sesuatu yang bisa dikatakan tentang perusahaan online yang kredibel, banyak konsumen mencari berdasarkan produk dan tidak begitu banyak dengan pengecer. Ini berarti bahwa pengecer dengan rekam jejak yang tidak terbukti mungkin akan mengambil sebagian dari bisnis Anda di dunia ritel Internet yang kompetitif ketahui ide bisnis makanan online.

Produktifitas

Jika Anda mengoperasikan toko fisik, Anda memiliki jam operasi. Anda tahu jadwal bisnis Anda dan tahu kapan Anda harus bekerja. Namun, Internet adalah operasi 24/7, artinya bisnis Anda selalu terbuka. Dan bisnis online tidak kehabisan lokasi toko fisik, tapi keluar dari rumah Anda. Hal ini dapat menyebabkan gangguan dan penurunan produktivitas jika Anda tidak berhati-hati dalam mengatur waktu yang digunakan untuk bisnis Anda.

5. Kredibilitas

Karena ada banyak persaingan di ritel online, ada kekhawatiran kredibilitas di antara banyak bisnis yang beroperasi. Itulah salah satu keuntungan memiliki lokasi fisik – ini membangun rasa percaya dan otoritas di antara pelanggan, dan ini menggambarkan bisnis Anda dalam cahaya yang lebih profesional daripada jika Anda hanyalah perusahaan Web saja. Itu tidak berarti bahwa semua bisnis online hanya kekurangan kredibilitas, namun mengetahui bahwa perusahaan juga memiliki lokasi fisik yang menurunkan bendera merah dari sudut pandang kredibilitas.

6. Pelayanan pelanggan

Banyak bisnis online telah menerapkan fitur chatting Web untuk membantu pelanggan keluar dengan pertanyaan saat mereka berbelanja, namun layanan pelanggan masih banyak dilakukan melalui email, melalui telepon atau surat siput. Meskipun hal ini dapat efektif untuk beberapa item dan pertanyaan pelanggan, tidak ada gunanya komunikasi tatap muka yang Anda dapatkan dari berbicara dengan rekan di toko. Bisnis dengan toko fisik bisa lebih kepribadian dengan klien mereka. Mereka dapat menunjukkan bagaimana sebuah produk bekerja, dan mereka dapat memecahkan masalah dengan produk sambil menjelaskan tindakan mereka.

7. Pasar jenuh

Dengan kehadiran online, bagaimanapun, berarti Anda dikelilingi oleh bisnis lain di dalam industri Anda, semua sangat ingin mengekspos perusahaan mereka ke khalayak yang luas. Akibatnya, bisnis Anda mungkin tersesat di lautan perusahaan serupa, sehingga Anda perlu menemukan produk atau elemen ke perusahaan Anda yang memberi Anda keunggulan atas pesaing Anda, pelajari juga cara bisnis onle di Facebook.

8. Kurangnya Interaksi

Dengan hadirnya anggota staf fisik dapat berinteraksi dengan pelanggan secara langsung. Hal ini dapat mengesankan pembeli dan meminta mereka untuk membagikan pengalaman positif mereka kepada orang lain. Beberapa pembeli mungkin lebih memilih interaksi tatap muka, dibandingkan dengan membeli barang secara online. Anda mungkin berjuang untuk mengembangkan hubungan yang bermakna dengan pembeli saat Anda menjalankan bisnis online.

9. Konektivitas Internet

Anda bisa tahan kehilangan banyak waktu dan uang jika, entah mengapa, situs web Anda bisa mengalami error dan tidak dapat diperbaiki berjam-jam, atau bahkan berhari-hari. Hal ini dapat menyebabkan pelanggan potensial dibujuk untuk tidak membeli produk dari Anda jika mereka menerima pesan kesalahan saat mencoba mengunjungi situs web Anda, dan mereka dapat mengkomunikasikan pengalaman buruk mereka dengan teman dan keluarga.

Kelemahan Bisnis Online
Memulai bisnis online dimulai dengan mengisi kebutuhan dan membangun kredibilitas, namun faktor-faktor yang membuat bisnis online Anda agar sukses besar tidak hanya berhenti sampai di situ. Sementara hambatan untuk mendirikan perusahaan rendah, sebagian besar orang memulai bisnis online gagal terutama karena kesalahan yang tampak jelas di belakang. Berikut beberapa kelemahan bisnis online :

1. Kekurangan Sharing Fungsional
Seperti adanya tweet, pin, email atau tombol lainnya pada halaman. Ini bisa menjadi hal yang mahal terutama jika Anda memiliki produk yang ditargetkan pada kerumunan sebuah teknologi. Ketahui sebuah hal utama untuk menentukan jaringan mana yang akan ditampilkan.

2. Tidak benar-benar memikirkan strategi SEO
Mungkin masalah yang paling umum terjadi dengan toko online baru yang tidak dilakukan dan pengaturan SEO yang tidak dilakukan dengan benar, fakta bahwa SEO dapat meluangkan waktu untuk menunjukkan tanda-tanda kesuksesan dan akhirnya berhasil memberikan yang terbaik. Sebuah renungan lengkap untuk sebagian besar bisnis online baru. SEO sangat diperlukan untuk terus mendatangkan traffic ke situs anda .

3. Kemudahan perbandingan harga
Karena pelanggan bisa membandingkan harga dengan mudah (sekarang dengan situs perbandingan harga seperti confused.com, moneysupermarket.com dll), hal itu membuat perusahaan bersaing pada harga daripada diferensiasi produk dan faktor lainnya yang berarti perusahaan online memiliki margin yang lebih rendah.

4. Masalah keamanan dan keandalan
Dengan kecurangan kartu kredit dan Internet meningkat, orang menjadi lebih dan lebih berhati-hati dan enggan memberi rincian bank mereka secara online seperti kelebihan dan kekurangan bisnis online.

5. Informasi yang Overload
Terkadang orang tersesat di internet karena terlalu banyak informasi yang membuat mereka menunda atau menahan keputusan pembelian mereka. Orang masih suka melihat dan mencoba produk seperti pakaian dll sebelum membelinya.

6. Kepercayaan
Karena pelanggan tidak berurusan dengan orang sebenarnya tapi dengan proses internet, kepercayaan adalah masalah utama seperti cara mengiklankan produk di instagram.

7. Biaya pengiriman
Kenyamanan datang dengan biaya dan yang paling sering daripada tidak, orang harus membayar biaya pengirimannya jika mereka tidak membeli barang di atas batas harga tertentu. Misalnya. Pelanggan harus membeli sesuatu yang lebih besar dari harga yang ditentukan agar mengirimkannya dengan bebas biaya. Kekurangan pada perusahaan online bisa diatasi tapi hanya jika mereka melihat pengalaman pelanggan dari mata pelanggan mereka

8. Anda Perlu Disiplin Diri
Sangat mudah untuk membiarkannya pergi saat Anda sendirian di rumah. Sambil tidur selama jam kerja, tidur siang siang setelah makan siang, sedikit TV atau gangguan lain yang bisa Anda temukan dalam kenyamanan rumah Anda. Untuk menghindarinya, Anda harus sangat disiplin dan fokus pada bisnis Anda.

9. Lebih banyak pekerjaan
Secara statistik terbukti bahwa orang-orang yang memiliki bisnis online mendedikasikan lebih banyak waktu untuk bekerja daripada karyawan. Saya pikir itu karena tidak ada jadwal tetap di mana Anda dapat meninggalkan kantor, jadi Anda mungkin cenderung bekerja bahkan selama jam tambahan.

10. Tidak ada keamanan
Tidak ada gaji yang aman atau hak atas asuransi kesehatan saat menjadi wiraswasta. Plus, Anda perlu berurusan dengan hukum, lisensi dan pajak. Pada dasarnya, jika Anda seorang karyawan, semua yang perlu Anda khawatirkan adalah “bekerja”, padahal masih banyak yang harus dijaga saat menjalankan bisnis online. Bekerja dari rumah dan membangun kerajaan online adalah impian banyak orang di seluruh dunia. Anda bisa menjalani gaya hidup internet dan menikmati kebebasan mencari nafkah dari gairah hidup Anda.

Agar produktif dan efisien, Anda perlu menetapkan dan mengatur metode kerja Anda, yaitu menciptakan ruang yang memadai, membeli peralatan yang diperlukan dan, yang terpenting, memiliki disiplin diri dan menghindari gangguan atau gangguan selama jam kerja Anda. Meski retail online memiliki banyak fasilitas, kita juga harus sadar akan beberapa jebakan.

11. Kerja Lebih Keras
Menjalankan toko online adalah kerja keras. Membuat daftar produk memakan waktu dan mempertahankan katalog produk adalah pekerjaan yang tidak pernah berakhir. Kenaikan PPN baru-baru ini, misalnya, berarti bahwa pengecer harus mengganti semua produk mereka. Selain itu semua penjualan harus dikemas dan dikirim setiap hari.

12. Layanan pelanggan
Tidak ada jalan keluar darinya, pelanggan bisa menjadi sakit. Menjadi pengecer melibatkan berurusan dengan masyarakat umum dan sangat penting untuk bersabar seperti manfaat pemasaran online.

13. Persaingan yang tinggi
Mari kita hadapi masalah itu, website adalah tempat orang pergi untuk mendapatkan barang murah dan akibatnya persaingan sangat ketat. Margin di ritel online cenderung lebih rendah dari pada high street sehingga pengecer perlu mengimbangi dengan menjual lebih banyak seperti tips bisnis franchise.

14. Mengambil jalan pintas
Cantumkan produk melalui situs pihak ketiga, berarti mereka mendapatkan potongan keuntungan Anda. Artinya Anda tidak mendapatkan jumlah uang maksimum yang bisa Anda lakukan untuk sebuah produk. Anda perlu menjual lebih banyak untuk menghasilkan uang yang sama dengan margin Anda jauh lebih rendah.

15. Persaingan lebih banyak
Internet tidak memiliki batasan jumlah bisnis yang bersaing daripada yang bisa berusaha untuk menjauhkan bisnis dari Anda. Selain itu, pasar yang menjual langsung ke konsumen juga akan bersaing langsung dengan Anda juga dan dengan daya beli superior mereka seringkali dapat melemahkan harga Anda. Membedakan diri dari kerumunan persaingan memerlukan banyak pemasaran, model layanan pelanggan teladan dan strategi penetapan harga yang masuk akal. Juggling ketiganya dan melakukannya dengan benar untuk memaksimalkan keuntungan Anda adalah kerja keras.

16. Margin yang lebih rendah
Orang akan cenderung membayar lebih untuk produk yang bisa dilihat dan disentuh secara langsung. Ditambah lagi jika toko-toko di jalan raya bisa melakukannya dengan benar maka orang akan membayar ekstra untuk pengalaman yang mereka dapatkan saat mereka pergi ke toko.

Toko fisik tidak akan pernah bisa bersaing dengan penjual online dengan harga tetapi jika layanan yang mereka berikan dapat melampaui situs web dengan mudah dengan menambahkan sentuhan pribadi atau saran ahli yang disesuaikan dengan individu di atas dan di luar cakupan sebuah situs web. Misalnya, asisten toko produk kecantikan bisa memberikan layanan makeover. Orang melihat ke pasar dan web untuk tawar-menawar; mereka pergi ke jalan tinggi untuk sebuah pengalaman.

17. Ongkos kirim
Biaya pengiriman bisa mahal terutama untuk barang besar atau barang yang mudah rusak. Anda perlu membayar biaya tambahan ditambah ongkos kirim, tidak lupa waktu yang diperlukan untuk membungkusnya dan membawanya ke kantor pos. Seringkali masuk akal untuk membayar ekstra untuk pengiriman tercatat karena layanan pos bisa tidak dapat diandalkan.

Atau pelanggan mungkin menolak menerima barang dan tanpa mendapatkan paket yang ditandatangani karena Anda cukup berdaya untuk mengklaim uangnya kembali. Anda perlu memperhitungkan biaya ini ke penjualan online yang Anda buat yang akan mendorong harga naik dan mungkin membuat pelanggan tidak membeli.

18. Kurang dorongan untuk membeli
Sementara situs online menjadi lebih baik dalam memposisikan item terkait atau menggoda orang dengan penawaran khusus, mereka tidak memiliki orang yang berjalan melalui keseluruhan toko untuk mencapai barang yang mereka cari. Toko fisik dapat menempatkan barang-barang yang menarik secara strategis di kasir yang harus dilewati orang dan ditunggu untuk meningkatkan kemampuan penjualan secara acak.

19. Ketergantungan pada software
Perangkat keras bisa gagal entah melalui kerusakan mesin atau bencana (misalnya kebakaran atau banjir) dan ini bisa menyebabkan hilangnya penjualan dan kerusakan kepercayaan pelanggan Anda yang berjangka panjang. Untuk menjaga uptime Anda perlu menerapkan layanan failover yang harganya mahal dan mungkin masih belum menjamin keandalan 100%. Semakin besar toko online Anda semakin tinggi biaya dan ini akan mengurangi tingkat keuntungan Anda.

20. Kurang percaya
Situs web dan pasar online kurang percaya terkait dengan mereka daripada toko fisik. Memiliki kehadiran batu bata dan mortir menunjukkan bahwa Anda cukup stabil secara finansial untuk dapat membayar uang sewa Anda, orang percaya bahwa Anda akan tetap berada di sana dalam waktu seminggu atau bulan sehingga jaminan mereka tetap berlaku dan mereka dapat melakukannya. barang kembali Jaminan ini membantu mereka menyelesaikan pembelian yang mungkin tidak begitu nyaman dilakukan di lingkungan online.

21. Tidak bisa bekerja tanpa koneksi internet
Ini jelas, karena semua media sosial yang Anda jadikan promosi itu akan aktif saat ada koneksi internet. Di saat mati lampu, koneksi internet akan lemot. Padahal saat itu sedang banyak orderan dari pelanggan, maka sudah pasti semua pekerjaan terbengkalai. Berbeda kalau bekerja offline, menjual apa saja sudah ada stok di toko. Kalau Tidak bisa dihubungi, maka bisa langsung ke toko.

22. Rawan dibohongi atau ditipu
Seperti yang Anda ketahui, kalau sistem belanja online adalah membayar terlebih dahulu, baru kemudian barang diproses (dibelikan dari reseller, packing, lalu dikirim). Proses ini sangatlah aman dan akan menjaga kepercayaan antara penjual dan pembeli. Pembeli amanah dengan langsung membayar dan penjual bertanggung jawab langsung mengirim barang yang dibeli.

Tetapi pada kenyataannya, bukti transfer ada yang palsu. Pembeli menunjukkan bukti transfer via medsos ke penjual, lalu penjual yang terlalu banyak pekerjaan langsung percaya. Ternyata uang tidak masuk ke rekening setelah dicek dan bandang terlanjur dikirim. Bukan hanya itu saja, kekurangan bisnis online ini juga terkait dengan janji pembeli yang akan membuat setelah barang dikirim ternyata bohong. Setelah ditagih malah hilang tanpa jejak.

3. Dibohongi supplier
Banyaknya supplier yang bekerja sama dengan Anda membuat katalog barang Anda semakin banyak. Kebutuhan pembeli pun bisa terpenuhi dari satu online shop saja. Tetapi ternyata katalog dari supplier itu adalah editing. Saat barang benar-benar dipesan pembeli, yang datang malah mengecewakan. Kualitasnya sangat jauh dari tampilan gambar. Alhasil Anda pun harus bertanggung jawab untuk mengganti kerugian pembeli.

4. Barang tidak sampai ke pembeli
Ini juga masuk ke kekurangan bisnis online, karena macet di ekspedisi, atau memang sudah hilang di tengah jalan. Anda pun akan mendapatkan protes dari pembeli. Tidak jadi untung, tetapi malah buntung. Hal ini sebenarnya bisa diminimalisir dikarenakan untuk eksebisi saat ini sudah bisa di tracking dan dipermudah dengan pemantauan secara online.

5. Sabar saat banyak pembeli yang hanya bertanya saja
Saat tahu harganya mereka mundur halus atau tidak jadi membeli. Jadi pebisnis online harus super sabar. Kapan saja smartphone akan berbunyi. Entah berisi pesanan atau bertanya saja. Hal ini menjadi hal yang wajar karena dalam bisnis online pembeli mempunyai kesempatan untuk bertanya tapi juga berpeluang juga untuk menjadi PHP untuk tidak membeli produk Anda.

6. Menjadi subjek pelanggan
Kaitannya adalah dengan status Facebook atau media sosial yang sudah menjadi rutinitas mainan sehari-hari. Isinya kebanyakan menyindir, memuji, atau yang lainnya. Menjadi pengusaha online shop pun harus siap menjadi objek pembicaraan di medsos oleh pelanggan.

Untung kalau isinya tentang kepuasan, kalau menyindir atau menjatuhkan malah akan membuat Anda rugi. Kekurangan bisnis online ini berawal dari hal sepele yang akibatnya sangat fatal. Jadi, pengusaha online shop bermediakan medsos, pembeli pun demikian.

7. Dibanding-bandingkan dengan online shop yang lainnya
Utamanya adalah masalah harga. Pembeli memang raja, jadi bisa kapan saja mendapatkan informasi harga-harga barang di beberapa online shop. Tetapi akan sangat mengganggu jika terlalu dibanding-bandingkan. Bagi yang tidak kuat maka akan ikut-ikutan penjual online yang lainnya. Padahal beda supplier dan juga beda kualitas. Selain itu beda wilayah pun juga menjadi faktor yang membedakan harga dari satu online shop ke online shop yang lainnya.

8. Omset menurun jika barang yang dijual tidak up to date
Ini dikarenakan kebanyakan barang Yang dijual di online shop adalah yang belum dijual di toko offline. Kalau barang dagangan tidak update, maka akan ditinggal pelanggannya. Hal ini perlu dilakukan dengan sangat cepat untuk bisa mengupdate dan memberikan inovasi terhadap produk kita kepada customer. Jangan sampai tidak update membuat customer kita tidak bisa dan tidak menyukai produk yang kita jual.

Demikian lah ulasan panjang Bisnis Online adalah Jualan di Internet via Website Toko Online dan Sosial Media dari Burhanrengas.web.id semoga bermanfaat disarikan dari berbagai sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.