Cara Jitu Meningkatkan Traffic Pengunjung Website Dengan Cepat hingga 2x Lipat

By | January 13, 2021
Cara Jitu Meningkatkan Traffic Pengunjung Website Dengan Cepat hingga 2x Lipat

Cara Jitu Meningkatkan Traffic Pengunjung Website Dengan Cepat hingga 2x Lipat

Cara Jitu Meningkatkan Traffic Pengunjung Website Dengan Cepat hingga 2x Lipat

Cara Jitu Meningkatkan Traffic Pengunjung Website Dengan Cepat hingga 2x Lipat

Semua pemilik website tentu menginginkan websitenya selalu dibanjiri pengunjung setiap hari. Website toko online membutuhkan traffic tinggi agar kemudian bisa dikelola menjadi leads atau pelanggan. Blog pun membutuhkan traffic tinggi supaya nantinya pemilik blog bisa memasang iklan atau kerja sama advertorial di blognya.

Sejak pertama kali membuat website atau blog, mungkin Anda sudah mencoba berbagai cara untuk meningkatkan traffic website atau blog Anda. Dari menerbitkan banyak konten secara konsisten, membagikannya di media sosial, sampai mengiklankannya.

Sayangnya Anda belum mendapatkan hasil yang Anda inginkan. Traffic website atau blog Anda masih jalan di tempat padahal Anda merasa sudah menerapkan semua cara untuk meningkatkannya. Anda pun mulai bertanya-tanya apakah metode yang Anda gunakan salah?

Kebanyakan blogger dan pemilik website memiliki tujuan yang sama untuk blog dan website mereka yaitu untuk meningkatkan traffic website mereka.

Saat ini, internet benar-benar penuh dengan berbagai macam konten. Blogger dan pemilik website harus memastikan bahwa mereka bisa standout di antara website dan blog lainnya sehingga mereka bisa mendapatkan traffic yang stabil di website mereka.

Apa itu Traffic?
Traffic website bisa didefinisikan sebagai jumlah orang yang mengunjungi sebuah website, halaman yang mereka lihat, dan durasi saat pengunjung melihat atau membaca halaman-halaman tersebut.

Ketika seseorang mengunjungi website Anda, kunjungan tersebut serta semua link yang mereka klik dan follow direkam oleh domain Anda. Nantinya angka-angka ini bisa memberi Anda ide tentang seberapa populernya website Anda.

Kenapa traffic penting?
Kalau website Anda tidak dikunjungi oleh banyak orang, website Anda terancam akan tenggelam di antara website-website lain di internet.

Setiap website butuh traffic. Seberapa pun bagusnya website Anda, jika pengunjungnya sedikit, website dan bisnis Anda mungkin tidak bisa bertahan. Pada dasarnya, website Anda akan hanya bertahan jika ada traffic flow yang stabil.

Ada tiga alasan kenapa Anda perlu mempertimbangkan kepentingan traffic website, terutama dalam e-commerce:
– Calon Pembeli,Traffic dari pengguna yang tertarik dengan isi website atau produk-produk Anda akan lebih mungkin untuk menghabiskan lebih banyak waktu di website Anda dan memberi tahu tentang website tersebut ke orang banyak.

– Calon Subscriber, Jika orang menghabiskan lebih banyak waktu di website Anda, ada kemungkinan mereka akan mendaftarkan diri untuk newsletter website Anda atau menerima konten promo yang nantinya bisa membuat mereka menjadi konsumen untuk jangka waktu yang lama.

– Penjualan , Anda perlu mendapatkan traffic website untuk mendapatkan keuntungan dan memastikan bahwa bisnis Anda berjalan lancar dan menghasilkan penjualan yg banyak dan rutin.

Cara Jitu Meningkatkan Traffic Pengunjung Website dengan Cepat hingga 2x lipat :

1. Riset Keyword
Menulis artikel berdasarkan ide pribadi saja sangat tidak disarankan. Tidak melakukan riset keyword sebelum menulis artikel adalah kesalahan fatal bagi semua pemilik website dan blog. Hanya mengandalkan ide pribadi, tanpa melakukan riset keyword, dalam menulis artikel akan menyulitkan website Anda untuk ditemukan di hasil pencarian Google.

Ide tulisan Anda bisa saja bagus dan menarik menurut Anda, tapi jika tidak ada orang yang tertarik sama sekali dengan ide tersebut, traffic website Anda akan sulit ditingkatkan. Dengan melakukan riset keyword, Anda bisa menemukan kata kunci yang banyak dicari oleh pengguna mesin pencari Google.

Anda bisa melakukan riset keyword dengan berbagai cara. Terdapat berbagai macam tools yang bisa membantu Anda menemukan keyword yang tepat untuk website dan blog Anda. Pilih salah satu dari banyak cara riset keyword yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tujuan dari Melakukan Riset adalah untuk menemukan Kata kunci utama,kata kunci turunan,jumlah pencarian, dan jumlah persaingan kata kunci tsb di pencarian google (google search engine).

2. Targetkan Long Tail Keyword
Ketika melakukan riset keyword, Anda akan menemukan dua jenis keyword, yaitu short tail keyword dan long tail keyword. Short tail keyword adalah kata kunci yang terdiri dari satu sampai dua kata. Misalnya, kata kunci seperti “membuat blog” ,”bikin blog”,”bimbel blog”,atau “Kelas website”.

Kata kunci jenis short tail cenderung memiliki volume pencarian tinggi, tetapi dengan persaingan yang tinggi pula. Untuk memenangkan persaingan di short tail keyword biasanya lebih sulit karena hampir semua website menargetkannya.

Sebelum memenangkan persaingan ketat di short tail keyword, Anda bisa menargetkan long tail keyword terlebih dahulu. Long tail keyword adalah kata kunci yang terdiri dari lebih dari tiga kata. Misalnya, “cara membuat website dengan WordPress”,”Jasa Pembuatan Website Toko Online”,”Jualan Theme Website Toko Online” atau “cara membuat website toko online”.

Jenis kata kunci ini biasanya memiliki volume pencarian lebih rendah daripada short tail keyword, tetapi tingkat persaingannya cenderung lebih rendah. Anda bisa mulai menargetkan ranking tinggi di long tail keyword terlebih dahulu sebelum bersaing di short tail keyword.

3. Gunakan LSI Keyword
Dari riset keyword Anda akan mendapatkan banyak kata kunci untuk ide artikel Anda. Namun, seringkali tool riset keyword memberikan kata kunci kaku dengan variasi yang terbatas. Sistem yang digunakan tool riset keyword biasanya menyeragamkan beberapa kata kunci yang serupa menjadi satu kata kunci. Akibatnya variasi kata kuncinya terbatas.

Padahal tidak semua orang menggunakan satu kata kunci yang sama persis ketika mencari sebuah topik. Orang-orang menggunakan berbagai macam variasi kata kunci untuk mencari topik tertentu. Anda perlu mengetahui variasi kata kunci tersebut agar artikel Anda menjadi lebih manusiawi.

Anda dapat menemukan berbagai macam variasi kata kunci menggunakan LSI Keyword. LSI adalah kependekan dari Latent Semantic Indexing (Indeksasi Semantik Laten). LSI Keyword merupakan kumpulan kata kunci yang ditemukan di satu topik tertentu dan saling berhubungan secara semantik. Untuk menemukan variasi kata kunci tersebut, Anda bisa menggunakan layanan seperti LSIGraph atau LSIKeywords.

4. Tulis Artikel yang Lengkap
Berapa rata-rata panjang artikel yang sudah Anda terbitkan? 500 kata atau bahkan hanya 300 kata? Jika artikel yang Anda tulis masih berkisar di angka tersebut, sebaiknya mulai tingkatkan kuantitas kata di setiap artikel Anda.

Panjang artikel Anda menjadi salah satu faktor penilaian Google dalam menentukan ranking di hasil pencarian. Google menganggap artikel panjang sebagai artikel yang lengkap dan bisa menjawab pertanyaan para pencari.

Seberapa panjang artikel yang harus Anda tulis agar disukai oleh Google? Berdasarkan analisis Backlink.io, rata-rata panjang artikel blog yang muncul di halaman pertama hasil pencarian Google adalah 1890 kata. Jadi usahakan panjang artikel blog Anda berada di sekitar angka tersebut.

Walaupun begitu, Anda juga harus menyesuaikan panjang artikel blog Anda dengan konteks yang Anda tulis. Misalnya, topik resep membuat nasi goreng hanya membutuhkan 800 kata untuk menjelaskannya secara lengkap. Apakah Anda tetap bisa mendapatkan posisi atas di hasil pencarian? Bisa, asalkan artikel Anda lebih lengkap dari artikel kompetitor-kompetitor Anda. Jadi pastikan untuk melakukan riset kompetitor terlebih dahulu sebelum menulis artikel.

5. Tulis Judul yang Menarik
Judul adalah elemen artikel yang dilihat pertama kali oleh orang di hasil pencarian. Menurut Copyblogger, 8 dari 10 orang mengaku membaca judul sebelum mengklik sebuah artikel dari hasil pencarian. Namun, hanya 2 dari 10 orang yang pada akhirnya benar-benar membaca artikel yang dibukanya.

Oleh karena itu, Anda harus membuat judul artikel yang menarik agar dilirik oleh para pencari di Google. Banyak metode menulis judul yang bisa Anda terapkan. Pertama, gunakan angka dan list. Orang-orang sangat menyukai judul dengan angka dan listicle (list article). Misalnya, di judul artikel ini saya menggunakan judul “Cara Jitu Meningkatkan Traffic Website Dengan Cepat Hingga 2X Lipat.

Buatlah copywriting yang menarik terutama pada headline atau judul artikel Anda. Alasan seseorang melanjutkan membaca artikel yaitu bergantung kepada headline yang Anda buat. Apakah headline tersebut berhasil membuat seseorang penasaran dan mengklik tautan artikel Anda atau tidak yaitu bergantung dengan kekuatan headline Anda. Untuk memudahkan Anda membuat copywriting yang menarik untuk digunakan sebagai headline adalah dengan meniru pola headline dari artikel-artikel yang laris di pasaran.

6. Tambahkan Gambar yang Menarik
Artikel panjang saja tidak cukup. Anda juga harus kreatif mengolah konten Anda menjadi menarik dan tidak membosankan bagi pembaca. Jika hanya dihadapkan pada tulisan saja, tentu pembaca akan bosan dan langsung meninggalkan website atau blog Anda.

Banyaknya pengunjung website yang langsung meninggalkan website atau blog disebut sebagai bounce rate. Bounce rate juga menjadi salah satu faktor penilaian Google di hasil pencariannya. Bounce rate yang tinggi menandakan konten Anda tidak cukup membantu pembaca. Akibatnya ranking website menurun di hasil pencarian dan traffic pun menurun.

Masalah ini dapat diatasi dengan menambahkan visual menarik di artikel blog Anda seperti infografik, foto, atau gambar ilustrasi. Visual menarik tidak hanya membuat pengunjung lebih betah membaca, tetapi juga membantu mereka memahami konten yang Anda tulis.

7. Lengkapi Artikel dengan Video
Untuk bisa bersaing dengan kompetitor, Anda dituntut untuk menulis artikel panjang sekitar 1900 kata. Di sisi lain, membaca artikel panjang juga menjadi pekerjaan berat bagi pengunjung website.

Jika menambahkan infografik atau ilustrasi menarik belum cukup efektif untuk membantu pembaca blog bertahan lebih lama, Anda bisa menambahkan video. Video merupakan cara paling efektif untuk membuat pengunjung website betah membaca artikel panjang Anda.

Semakin betah pengunjung website membaca artikel Anda, semakin baik kualitas SEO Anda di penilaian Google. Artikel yang dilengkapi video memiliki kemungkinan 53 kali lebih besar untuk muncul di halaman pertama hasil pencarian dibanding artikel tanpa video.

8. Daftarkan website Anda di Webmaster Tools.
Webmaster tools berfungsi untuk mendaftarkan website Anda ke Google dan memonitor interaksi robot mesin pencari terhadap situs web yang Anda miliki. Apabila Anda membuat website atau toko online Anda hanya perlu mengunjungi www.google.com/webmasters/tools dan mendapatkan kode untuk disalin ke menu SEO pada dashboard website Anda.

9. Tingkatkan Kecepatan Website
Pengunjung website dan blog tidak sabar menunggu halaman loading. Menurut riset Google, 53 persen pengguna internet Indonesia meninggalkan website yang loadingnya lebih dari 3 detik. Artinya jika loading website Anda lebih dari 3 detik, kemungkinan untuk ditinggalkan pengunjung lebih besar yang mengakibatkan bounce rate tinggi.

Kecepatan website kamu saat ini sangat diperhatikan oleh google dalam menentukan SERP ( Search Engine Ranking Page ) pada halaman mesin pencari, oleh sebab itu kamu WAJIB meningkatkan kecepatan website kamu. Jika kamu belum tahu cara meningkatkan kecepatan website, kamu bisa melihat cara meningkatkan kecepatan website ,Rahasia mempercepat loading website dan agar website kamu mobile friendly, kamu bisa membaca artikel cara mempercepat proses website dengan AMP

Untuk mengukur cepat atau tidaknya website kamu, kamu bisa mengetahui di Pingdom Website Speed Test. Jika waktu yang dibutuhkan untuk mengakses website kamu cepat, kamu bisa melanjutkan ke tips cara meningkatkan pengunjung website dengan cepat berikutnya. namun Jika kamu bermasalah dengan kecepatan website, namun kamu sudah mengaplikasikan cara diatas, maka penyebabnya tak lain adalah hosting yang lemot, maka cepat pindahkan website kamu ke penyedia hosting terbaik.

10. Pastikan Website Anda Responsif
Loading website cepat saja belum cukup. Anda juga perlu memastikan website Anda responsif di semua perangkat, baik perangkat desktop maupun perangkat mobile. Apalagi pengguna internet Indonesia kini lebih banyak mengakses internet melalui perangkat mobile. Berdasarkan riset Google, 94 persen pengguna internet Indonesia mengakses internet melalui perangkat mobile.

Anda pun dapat dengan mudah membuat website WordPress yang mobile friendly menggunakan bantuan plugin. Pilih salah satu plugin mobile friendly dari 8 plugin mobile WordPress terbaik rekomendasi Niagahoster.

11. Manfaatkan Internal Link
Internal link adalah link dari satu halaman ke halaman lain di satu website yang sama. Walaupun terdengar sepele, internal link membantu mesin pencari untuk memahami konteks dan hubungan antar halaman di website Anda. Melalui internal link, mesin pencari juga akan mengetahui mana halaman yang paling penting di website Anda. Jadi usahakan buat konten yang bisa saling dihubungkan sehingga Anda bisa membuat internal link yang rapi.

12. Lakukan Guest Post
Guest post adalah menulis artikel untuk diterbitkan di blog orang lain. Dalam melakukan guest post, Anda perlu teliti ketika memilih blog atau website yang akan menerbitkan artikel Anda. Pilihlah blog atau website yang trafiknya lebih tinggi dari website Anda. Anda bisa menerbitkan artikel guest post di media online atau blogger berpengaruh di industri Anda.

Guest post berlaku dua arah. Pertama, Anda menerbitkan artikel di website media online atau blog influencer. Di dalam artikel tersebut Anda meletakkan link menuju blog atau website Anda. Kedua, Anda juga bisa mengundang blogger berpengaruh untuk menulis artikel di website atau blog Anda. Blogger tersebut sudah pasti akan membagikan link artikel buatannya di blog Anda di media sosialnya. Dengan begitu website atau blog Anda akan dibanjiri trafik dari follower blogger tersebut.

13. Aktif di Komunitas Blogging
Anda juga bisa bergabung dengan komunitas blogger seperti ProBlogger atau Copyblogger. Ini adalah salah satu cara untuk berhubungan dengan blogger lain dan mempromosikan blog satu sama lain.

Interaksi dengan blogger lain dan influencers juga sangatlah penting untuk meningkatkan traffic website Anda. Menjaga hubungan baik dengan blogger dan pemilik website lain di bidang yang sama juga penting. Orang yang berhubungan baik dengan Anda akan but lebih mungkin menghubungkan readers dan followers mereka ke website Anda.

Anda juga bisa berkontribusi untuk website atau blog satu sama lain. Mereka juga akan lebih mungkin membagi konten Anda di website atau media sosial milik mereka.

Selain dengan blogger dan pemilik website lain, penting juga untuk membangun hubungan dengan para influencers. Anda bisa memulai dengan membagi konten mereka. Anda bisa mencoba berinteraksi dengan mereka melalui konten atau akun media sosial yang Anda miliki.

Berinteraksi dengan mereka dapat membantu Anda karena mereka akan menghubungkan readers dan followers mereka ke website Anda. Ini akan sangat membantu website Anda untuk menerima backlinks dari berbagai website authoritative.

Anda juga bisa meminta bantuan dari bloggers dan influencers yang lain untuk memberi saran mengenai konten yang diterbitkan.

Biasanya orang-orang dengan pekerjaan yang sama mempunyai komunitas atau forum khusus di media sosial seperti Facebook, Kaskus, atau Whatsapp. Begitu juga dengan blogger, internet marketer, dan pelaku bisnis online.

Anda bisa bergabung ke beberapa komunitas online sesuai dengan website yang Anda kelola. Terdapat banyak komunitas online untuk para pelaku UKM, internet marketer, dan juga blogger. Pilih salah satu atau beberapa komunitas yang cocok dengan Anda. Selain mendapatkan koneksi baru, Anda juga bisa mempromosikan website yang Anda kelola.

14. Tambahkan Tombol Share Media Sosial
Cara Meningkatkan Pengunjung Website lainnya adalah Dengan Meletakkan Tombol Social Sharing ( Sharing di Media Sosial )

Apa pentingnya sih sharing di media sosial buat website kamu? bagi beberapa orang, banyak yang memanfaatkan media sosial untuk mendatangkan pengunjung website, yaitu dengan cara mengiklankan websitenya di Facebook berbayar atau facebook ads. Namun, cara yang kami sarankan adalah sharing website kamu di media social untuk mendapatkan social signal di mesin pencari. Cara yang bisa kamu pakai adalah dengan men-sharing artikel website kamu di facebook fanpage, Twitter, Google +. Dari beberapa platform tersebut, yang paling unik adalah jika kamu melakukan sharing ke Google +, sebab, setiap kamu sharing postingan web kamu di Google + web kamu akan mendapatkan backlink dari Google +. Menarik bukan?

Agar semakin banyak pembaca yang membagikan artikel blog di media sosial, Anda harus memudahkan cara berbagi media sosial di website Anda. Salah satu caranya adalah dengan menambahkan tombol share di semua artikel blog Anda.

Terdapat berbagai macam pilihan tombol share media sosial yang dapat Anda gunakan. Fitur yang ditawarkan setiap plugin pun berbeda-beda. Ada yang hanya menyediakan fitur tombol share media sosial. Ada juga yang menyediakan paket lengkap dari tombol share media sosial hingga ikon media sosial. Dapatkan informasi lebih lengkapnya di artikel 30 Plugin Social Media WordPress Terbaik.

15. Update dan Perbaiki Konten Lama
Kontent is King, begitulah peribahasanya bagi seorang blogger, dimana pengunjung web / visitor akan sangat senang berlama-lama di website jika kamu memiliki konten yang bagus, bermanfaat dan informatif bagi pengunjung. Dalam membuat kontent yang bagus, kamu harus tahu bagaimana penataan kalimat yang bagus.

Namun, kontent yang bagus untuk visitor belum tentu bagus untuk mesin pencari ( Search Engine ), maka dari itu, kamu juga harus membuat konten yang mudah di baca oleh manusia dan mudah di baca oleh mesin pencari.

16. Relaunch Konten yang Sudah Diperbarui
Update konten lama tidak cukup hanya dengan mengedit konten melalui WordPress. Setelah menerbitkan kembali konten lama, Anda juga perlu membagikannya lagi ke media sosial. Anda perlu memberi tahu pembaca kalau Anda baru saja memperbarui konten. Anda bisa menambahkan tahun atau tulisan “Updated” di judul konten terbaru Anda.

Setelah memproduksi banyak konten untuk blog, jangan lupa untuk melakukan evaluasi konten. Evaluasi konten ini penting untuk mengetahui performa setiap konten yang sudah Anda terbitkan.

Melalui evaluasi konten, Anda akan menemukan konten-konten yang belum menghasilkan trafik website secara signifikan. Apakah Anda perlu menghapus konten-konten tersebut? Tentu saja tidak. Yang perlu Anda lakukan adalah memperbaikinya.

Untuk melakukan evaluasi konten dan menentukan konten mana saja yang perlu diperbaiki, Anda memerlukan bantuan Google Search Console. Dengan Google Search Console Anda bisa mengetahui di kata kunci apa saja yang tersaring di setiap halaman website Anda.

17. Membuat Konten Viral atau Giveaway
Sesekali Anda harus Membuat suatu Konten yang viral sehingga kunjungan ke website Anda tinggi. Atau Mengadakan kontes ataupun memberikan giveaway dengan hadiah yang menarik adalah hal yang paling dipercaya dapat mendatangkan pengunjung ke website Anda. Semua orang menyukai hadiah. Anda perlu menentukan budget khusus untuk mengadakan kontes lomba atau giveaway sebagai campaign untuk mendatangkan pengunjung ke website Anda.

18. Manfaatkan Medium
Membagikan konten di media sosial saja tidak cukup. Ada satu platform lagi yang layak Anda manfaatkan untuk membagikan konten, yaitu Medium. Medium memungkinkan Anda untuk republish (menerbitkan kembali) konten di blog Anda menggunakan fitur import.

Dengan fitur import, Medium akan menerbitkan kembali konten blog Anda di platformnya dan memberikan canonical link. Canonical link berfungsi untuk memberitahu mesin pencari bahwa dua konten yang mirip atau identik sebagai satu URL yang sama sehingga tidak akan membahayakan reputasi SEO Anda.

Selain fitur import, Anda juga bisa menerbitkan konten baru yang masih berkaitan dengan website Anda di Medium dan meletakkan link ke salah satu konten di blog Anda. Meskipun hanya menyumbang link no-follow, cara kedua tetap layak Anda coba untuk mempromosikan blog atau website Anda.

19. Riset Kompetitor
Dalam kompetisi apa pun, mengawasi pergerakan lawan merupakan langkah penting. Begitu juga di kompetisi memenangkan posisi pertama hasil pencarian. Anda harus mengawasi pergerakan kompetitor-kompetitor di industri Anda.

Salah satu tool riset kompetitor yang dapat Anda gunakan adalah Ahrefs. Ahrefs menyediakan fitur Site Explorer yang memungkinkan Anda untuk mengecek performa sebuah situs. Site Explorer akan memberikan laporan dari kualitas backlink, kualitas domain, keyword yang digunakan, hingga kualitas organic traffic dari sebuah situs. Anda bisa memeriksa laporan keyword yang tersaring di website kompetitor Anda dan pilih kata kunci yang bisa Anda gunakan.

20. Optimasi Tehnik SEO Onpage dan Off page
SEO atau Search Engine Optimization adalah sebuah teknik mengoptimalkan website untuk bisa tampil di halaman pertama mesin pencari seperti Google, Bing atau Yahoo berdasarkan kata kunci tertentu. Dengan menggunakan teknik SEO ini kesempatan untuk mendatangkan banyak pengunjung webiste sangat besar. Karena berdasarkan data dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pada tahun 2014, ada 68.7% dari seluruh pengguna internet di Indonesia mencari infomasi melalui mesin pencari.Dan sekarang sudah tahun 2017, tentunya jumlah tersebut akan terus meningkat, mengingat adanya lonjakan pengguna internet selama 3 tahun ini.

Dengan teknik SEO ini pengunjung website yang datang lebih tertarget. Mereka datang karena tertarik dengan konten atau artikel Anda yang muncul di mesin pencari. Sehingga form opt in yang Anda pasang kemungkinan besar akan mereka isi dengan alamat email yang aktif.Tetapi ini juga dipengaruhi oleh penawaran yang Anda tawarkan. Apabila ada banyak pengunjung yang masuk ke website Anda tetapi penawaran Anda tidak menarik, maka kemungkinannya kecil orang bersedia memasukkan alamat email mereka.

Dengan Melakukan Optimasi SEO On Page dan Off Page, Anda memang bisa mendapatkan trafik dari media sosial, tetapi trafik dari organic search tetap menjadi prioritas. Agar bisa mengamankan trafik dari organic search, website Anda harus memiliki kualitas SEO yang baik. jika dirasa website kamu sudah menerapkan cara diatas, maka selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah mengoptimasi SEO nya.

Optimasi SEO disini ada 2 cara, yaitu ON PAGE SEO dan OFF PAGE SEO, apa itu ? berikut penjelasannya.
– ON PAGE SEO adalah cara-cara yang sudah kita terapkan diatas tadi, yaitu mengoptimasi apa-apa yang ada di website kamu. SEO on page adalah langkah optimasi yang diterapkan pada konten yang diterbitkan di halaman website atau blog. SEO on page mencakup judul, URL & permalink, isi artikel, heading, dan media yang ada dalam artikel.

Jangan lupa untuk mengaplikasikan teknik-teknik On Page SEO sebagai cara meningkatkan traffic secara organik. Apakah anda sudah menggunakan keyword yang tepat? Apakah Anda sudah menggunakan alt text untuk gambar-gambar yang disertakan di post Anda? Apakah Anda sudah memasukkan external dan internal link? Bagaimana dengan meta descriptions?

On Page SEO tidak membutuhkan banyak waktu untuk diaplikasikan dan masih merupakan salah satu hal terpenting untuk meningkatkan traffic website Anda.

Selain mengoptimasi elemen-elemen penting dalam website atau blog, Anda juga perlu melakukan optimasi di luar website yang juga disebut sebagai SEO off page.

– OFF PAGE SEO adalah cara-cara optimasi website kamu namun dari luar website kamu. apa saja yang harus kamu lakukan untuk Off Page SEO? salah satunya adalah membuat Backlink (Link/tautan website kamu yang di tanamkan ke website lain).

Berbeda dengan SEO on page, di SEO off page yang akan Anda optimasi adalah elemen-elemen di luar website yang mempengaruhi ranking di hasil pencarian. Beberapa elemen di luar website yang mempengaruhi ranking website di hasil pencarian adalah backlink dan share di media sosial.

Fungsi dari Backlink ini adalah supaya website kamu lebih dipercaya oleh Google.

Namun, dalam pemasangan backlink ini kamu harus cermat dan hati-hati, karena akan berdampak pada spam score website kamu.

Dampak dari optimasi SEO yaitu nantinya website kamu akan meningkat SERP ( search engine ranking page ) di halaman mesin pencari, maka dipastikan pengunjung website kamu akan meningkat lebih cepat.

21. Guest blogging
Guest blogging adalah salah satu cara meningkatkan traffic website yang bisa digunakan. Yang dimaksud dengan guest-blogging adalah menulis konten untuk website atau blog yang sudah terkenal. Hal ini dapat membantu meningkatkan traffic blog atau website dan sekaligus membangun brand Anda.

Namun Anda harus berhati-hati dan memastikan bahwa konten guest-blogging Anda berkualitas. Dalam membuat konten guest-blogging, pastikan bahwa konten tersebut kreatif dan sesuai dengan niche blog tersebut.

Hindari link stuffing atau memasukkan banyak link sekaligus ke dalam artikel Anda untuk menambah traffic website karena Anda bisa dikenakan penalti.

Selain guest-blogging, Anda juga bisa menulis untuk media lain seperti koran atau majalah yang berhubungan dengan topik website atau blog Anda. Jangan lupa menyebutkan website dan blog Anda karena menulis untuk media ternama membuka kesempatan untuk meraih lebih banyak pembaca.

22. Guest Writer
Guest writer adalah teknik mendatangkan pengunjung website dengan menjadi penulis tamu di media atau website lain yang mempunyai traffic lebih banyak. Untuk website yang bisa Anda gunakan untuk menjadi penulis tamu antara lain Hipwee, IDN Times, dan lainnya. Mereka menyediakan halaman kontribusi, sehingga kita bisa bisa menulis konten untuk diterbitkan. Gratis tanpa biaya.

Anda Juga Bisa Menjadi Penulis Tamu di Media Besar dan punya traffic pengunjung tinggi lainnya seperti di kompas,blogdetik,dll…

Merupakan hal penting yang harus Anda lakukan. Selain dapat menyebarkan artikel Anda pada Facebook, Twitter, Pinterest dan social media lainnya, Anda juga bisa memulai untuk menuliskan artikel di media dengan trafik yang tinggi. Selain sebagai ajang promosi mengenai Anda dan keahlian Anda, orang-orang yang tertarik dengan Anda akan mengunjungi website Anda dan secara tidak langsung dapat mempengaruhi trafik website Anda.

23. Backlink Building
Backlink Building adalah kegiatan dimana anda mencoba untuk membangun dan meningkatkan jumlah backlinks ke website Anda.

Jika website Anda menerima backlinks dari website lainnya, mesin pencari akan melihat website Anda sebagai website yang terpercaya di bidangnya. Dengan begitu, mesin pencari akan meletakkan website Anda di posisi yang lebih tinggi di halaman hasil pencarian.

Apabila website Anda berada di halaman pertama hasil pencarian, tentunya orang akan lebih tertarik untuk mengunjungi website Anda dan membaca konten di website tersebut.

Backlink Sendiri ada banak macamnya baik berasal dari website profile, Website PBN,Website edu,Website gov,dan Website Rangking Tinggi lainnya.

24. Email Marketing
Jangan remehkan kemampuan email marketing. Meskipun banyak yang menganggap email marketing mengganggu, metode ini cukup efektif untuk mendatangkan trafik. Bahkan sebuah studi dari McKinsey membuktikan email marketing 40 kali lebih efektif mendatangkan trafik dibanding Facebook dan Twitter,pinterest.

Dengan email anda bisa mengumpulkan dan membangun list database pengunjung website anda untuk kemudian di olah dan di follow up di lain waktu.

Melalui email marketing, Anda dapat Juga menyebarkan artikel terbaru Anda secara otomatis kepada seluruh database yang Anda miliki. Buatlah kalimat pembuka yang menarik dan Anda dapat menyisipkan tautan untuk melanjutkan membaca. Dengan banyaknya orang yang menerima email dari Anda dan mengklik tautan untuk melanjutkan membaca, trafik website Anda juga akan meningkat dengan sendirinya.

25. Teknik Sosial Media Marketing
Teknik sosial media marketing adalah sebuah teknik memaksimalkan potensi sosial media untuk keperluan pemasaran ataupun penjualan. Ada banyak sosial media yang ada di Indonesia. Setiap sosial media mempunyai pengguna aktif dengan karakteristik yang berbeda. Ada Facebook, Twitter, Instagram, Path, Line, dan lain sebagainya.Pada artikel ini kami mengambil contoh Facebook.Karena Facebook mempunyai fitur yang lengkap serta penggunanya semakin banyak dari tahun ke tahun. Untuk teknik sosial media marketing di Facebook, Anda bisa mendatangkan pengunjung website dengan cara :

1. Update status yang memancing orang untuk share dengan melampirkan alamat/ url website Anda.

2. Posting di Group yang topiknya sesuai dengan website Anda. Misalkan website Anda tentang kosmetik, ya postinglah di group yang berhubungan dengan kecantikan. Jangan lupa lampirkan alamat/ url website Anda. Usahakan se-alami mungkin dan jangan sampai terkesan nyepam postingan Anda di group. Kalau memang posting Anda bagus dan bermanfaat, orang akan berbondong-bondong masuk ke website Anda.

3. Memberikan komentar di status orang lain sesuai dengan statusnya. Misalkan ada yang membuat status sedang bahagia karena anak nya lahir. Berikan komentar berupa ucapan selamat dan juga doa yang tulus. Dan jangan lupa sertakan alamat/ url website Anda di akhir komentar Anda. namun jangan berjualan. Sesuaikan dengan suasan pembuat status.Karena saat ini banyak sekali pemilik toko online yang memberikan komentar ngawur. Tidak sedikit yang mengirim komentar isinya jualan, padahal yang membuat komentar sedang sedih.

Ini yang perlu jadi perhatian kita bersama. Sosial media memang bisa untuk berjualan, tetapi tidak setiap tempat bisa kita jadikan tempat jualan. Sesuaikan dengan situasi dan kondisi dan juga kedepankan empati. Dengan teknik ini mudah-mudahan orang menjadi lebih respect dengan kita.

Memang tidak bisa secara langsung orang klik alamat/ url website yang Anda sertakan, tetapi dengan meninggalkan kesan yang baik dan santun, lama kelamaan pengunjung website akan datang dengan sendirinya.

4. Berinteraksi dengan event seperti ulang tahun, pernikahan, dan lain sebagainya.

26. Viral Marketing
Viral marketing adalah teknik pemasaran dengan cara memberikan dorongan pada si penerima pesan agar mau mengirim dan meneruskannya ke pada orang lain. Tujuannya untuk mempromosikan ataupun menyampaikan pesan mengenai produk maupun jasa.Viral marketing juga bisa diartikan sebagai teknik marketing mulut ke mulut (Word of Mouth Marketing).

Tehnik ini biasanya menggunakan Lead Magnet spt ebook bisnis,video tutorial, template gratis,dll…yang disebarkan di status facebook dan memberi syarat untuk mendapatkannya dengan menshare postingan tsb dan men tag 3-5 orang teman. untuk kemudian di kirimi inbox berupa link untuk Download.

Dalam konteks internet marketing, hal ini bisa dilakukan dengan berbagai cara ataupun metode. Tergantung dari kreatifitas marketer itu sendiri.

Profesor Andreas Kaplan dan Michael Haenlein, menyatakan bahwa untuk suksesnya sebuah pemasaran viral harus memenuhi 3 kriteria sebagai berikut:

– Media dan Orang/penyampai
Diperlukan Media dan orang yang bertindak untuk menyampaikan pesan yang sedang dikampanyekan ke teman temannya atau di share ke beberapa grup lalu di screen shot untuk klaim sesuatu yg di janjikan pembuat postingan.

– Punya Jaringan Friendlist Yg banyak
Orang ini harus mempunyai jaringan sosial /Friendlist yang cukup banyak dan dipercaya dan di media yang gampang diakses oleh semua orang.

– Pesan atau ajakan
Konten Posting yang akan dikampanyekan yang mudah diingat dan menggugah orang untuk mengikutinya.

– Kondisi dan Waktu
Lakukan Pemetaan Kondisi yang mendukung dan waktu yang tepat untuk melancarkan program viral marketing.

Memang tidak setiap orang bisa membuat viral marketing. Tetapi viral marketing bukan sesuatu yang tidak bisa dipelajari dan dipraktekkan. Dengan mengetahui ilmu nya dan selalu latihan, lama-kelamaan Anda akan bisa membuat viral marketing. Sehingga pengunjung website Anda akan datang dengan sendirinya. Dan sebagai dampaknya database email Anda ikut meningkat.

27. Gunakan Google Ads
Trafik website tidak hanya didatangkan dari organic search Google. Anda juga bisa mendatangkan trafik tinggi dari paid search. Paid search adalah fitur untuk menampilkan halaman website Anda sebagai iklan di hasil pencarian Google untuk kata kunci tertentu yang relevan dengan bisnis Anda.

Setiap mesin pencari punya fitur paid search. Karena Google adalah mesin pencari paling populer di seluruh dunia, termasuk di Indonesia, saya sarankan untuk menggunakan fitur paid search dari Google, yakni Google Ads.

Ketika menggunakan layanan iklan berbayar seperti Google Adwords, pebisnis tentunya memiliki berbagai tujuan seperti semakin banyak yang berkunjung ke situs website maupun toko online, mendapatkan banyak penjualan melalui Ads dan lain-lain. Pastikan bahwa Anda menggunakan jasa iklan yang memiliki track record yang bagus dan tidak termasuk jasa iklan yang sering melanggar aturan. Alih-alih berhasil, iklan Anda justru akan diblokir. Bagi Anda yang membuat website maupun toko online di Webpraktis, Anda juga dapat menggunakan jasa pemasangan iklan Google Adwords yang telah disediakan Webpraktis sebagai jasa iklan paling terpercaya yang dapat digunakan untuk memaksimalkan bisnis Anda.

Google Ads memungkinkan Anda untuk menargetkan audiens yang spesifik untuk iklan Anda. Anda bisa mempersempit atau memperluas jangkauan iklan berdasarkan lokasi, usia, jenis kelamin, hingga minat.

Untuk lebih lengkapnya, pelajari bagaimana menggunakan Google Ads di Panduan Cara menggunakan Google Ads

28. Facebook Ads
Facebook Ads adalah fitur dari Facebook untuk beriklan sehingga bisa menjangkau banyak orang dalam waktu singkat. sasaran utama dari penggunaan Facebook Ads ini adalah para pengguna Facebook. Sedangkan dengan facebook Ads ini Facebook menawarkan kepada Anda tidak hanya fungsi mendatangkan pengunjung website saja, tetapi juga ada fungsi membangun brand awareness dan juga konversi.

Ada 3 cara yang bisa Anda lakukan dalam membangun database email lewat Facebook Ads ini, diantaranya :
1. Menggunakan setiap objective dengan menyertakan alamat/ url website.

2. Menggunakan objective Traffic di bagian Consideration. Cara kerjanya Facebook Ads akan mengirimkan orang-orang menuju website Anda. Setelah sampai di website Anda dan melihat penawaran Anda melalui form opt ini, mereka akan mengisikan alamat elamilnya di sana.

3. Menggunakan objective Lead generation. Ini merupakan jalan pintas dalam membangun database email. Facebook Ads akan menampilkan iklan Anda berupa formulir, sehingga target market Anda tidak perlu mengunjungi website Anda. mereka cukup mengisi formulir itu dan sesaat kemudian data yang mereka masukkan menjadi milik Anda.Data berupa nama dan email bisa langsung Anda hubungkan dengan layanan Email Marketing. Sehingga Anda bisa langsung mengirimkan email massal (broadcast email) atau email berseri (autoresponder).

29. Instagram Ads
Anda juga bisa mendatangkan pengunjung website dengan menggunakan Instagram Ads. Sasaran utama dari iklan ini adalah para pengguna Instagram. jadi kalau target market Anda adalah anak muda, dan pengaruh visual sangat kuat terhadap bisnis Anda, maka Instagram Ads adalah layanan yang cocok untuk mendatangankan pengunjung website Anda. Anda bisa mempelajari tentang Instagram Ads ini di sini https://business.instagram.com/advertising?locale=id_ID .

Kesimpulan
Meningkatkan traffic website memang membutuhkan banyak usaha dan tidak mudah. Akan tetapi, tidak mudah bukan berarti mustahil. Cara-cara di atas dapat Anda terapkan untuk meningkatkan traffic website Anda hingga berkali-kali lipat. Namun, harus Anda pahami juga bahwa cara-cara di atas tidak langsung menghasilkan traffic dalam satu malam. Anda harus mempraktikkannya satu per satu secara konsisten dan Anda akan mendapatkannya untuk jangka waktu yang lama.

Mendatangkan pengunjung ke website Anda merupakan salah satu cara agar website ataupun produk Anda semakin dikenal oleh masyarakat secara luas. Konsistensi terhadap berbagi informasi yang bermanfaat dan sering menyapa pengunjung website juga merupakan hal penting agar mereka senang sehingga kembali mengunjungi website Anda.

Konsistensi dan kesabaran, Menjaga konsistensi website Anda adalah faktor yang penting. Jika konsistensi Anda terjaga maka domain authority website Anda juga akan meningkat. Anda juga harus bersabar karena SEO tidak akan berhasil hanya dalam semalam. Butuh waktu sebelum akhirnya Anda bisa melihat hasilnya.

Demikian Ulasan Cara Mendatangkan Traffic Pengunjung ke Website dengan Cepat bahkan 2x Lipat oleh BurhanRengas.web.id dari berbagai Sumber Bacaan. Semoga bermanfaat dan berfaedah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.