Mengenal Canva | Cara Menggunakan Canva untuk Design dan Cara Hasilkan Uang dgn Canva

By | November 15, 2021

Mengenal Canva, Cara Menggunakan Canva untuk Design dan Cara Hasilkan Uang dgn Canva

Mengenal Canva | Cara Menggunakan Canva untuk Design dan Cara Hasilkan Uang dgn Canva

Desain merupakan salah satu komponen sebagai tolak ukur kesuksesan sebuah campaign marketing. Bahkan, tidak jarang kita melihat iklan yang unik dan nyleneh baik di televisi maupun di social media. Tujuannya biasanya sebagai brand awareness atau menarik perhatian calon pembeli. Namun, jika anda ingin memiliki design yang berkualitas namun tidak punya cukup skill untuk menggunakan corel draw atau photoshop maka canva adalah solusinya.

Canva dapat membantu anda membuat desain tanpa perlu menginstall aplikasinya. Didalam tools canva juga banyak terdapat design dan animasi yang bisa dengan mudah kita edit didalamnya tanpa perlu mendesignnya dari awal. Canva sangat cocok bagi Anda pemula karena dengan fitur drag dan Dropnya dapat membantu Anda membuat design apapun dengan sangat cepat

Nah, artikel BurhanRengas.web.id kali ini akan membahas tentang Apa itu canva lebih details, cara menggunakan canva untuk keperluan bisnis online, dan Bagaimana Cara Menghasilkan uang dengan Canva

Poin Bahasan tentang Canva :
– Mengenal Apa Itu Canva?
– Cara Menggunakan Canva untuk Desain
– Cara Menghasilkan Uang dengan Canva

Mari kita ulas Satu persatu dengan Detail dan Tuntas

Mengenal Apa Itu Canva?

Canva adalah sebuah tools untuk desain grafis yang menjembatani penggunanya agar dapat dengan mudah merancang berbagai jenis desain kreatif secara online. Mulai dari mendesain kartu ucapan, poster, brosur, infografik, hingga presentasi. Canva saat tersedia dalam beberapa versi, web, iPhone, dan Android.

Sejarah Canva dimulai pada tahun 2012, tepatnya pada tanggal 1 Januari yang menjadi hari lahirnya. Canva didirikan oleh Melanie Perkins yang sebelumnya juga mendirikan Fusion Books, penerbit buku ternama di Australia. Di tahun pertama debutnya, Canva melejit dengan membukukan rekor pengguna sebanyak 750.000.

Lima tahun berjalan, di tahun 2017 Canva mencapai fase di mana perusahaan mulai membukukan laba. Saat itu mereka sudah mempekerjakan 200 orang pegawai yang tersebar di kantor Australia dan San Fransisco. Salah satu pemasukan terbesarnya datang dari pengguna premium yang berjumlah sebanyak 294.000 pengguna. Per 2017, Canva mempunyai 10 juta pengguna dengan cakupan layanan hingga 169 negara.

Menurut Wikipedia, Canva adalah platform desain grafis yang digunakan untuk membuat grafis media sosial, presentasi, poster, dokumen dan konten visual lainnya. Aplikasi ini juga menyediakan beragam contoh desain untuk digunakan. Canva terdiri dari dua jenis layanan, yakni gratis dan berbayar.

Filosofi Canva

“Memberdayakan dunia untuk mendesain”

Diluncurkan pada tahun 2013, Canva adalah alat bantu desain dan publikasi online dengan misi memberdayakan semua orang di seluruh dunia agar dapat membuat desain apa pun dan mempublikasikannya di mana pun.

– Diluncurkan Tahun 2013

– Lebih dari 60 juta MAU (Pengguna Aktif Bulanan)

– Lebih dari 7 miliar Desain dibuat

– 190 Negara

– 100 Bahasa

– Lebih dari 2.000 Karyawan

Cara Menggunakan Canva Untuk Desain

Nah, Bagaimana menurut anda tentang canva? Selanjutnya, kita akan membahas tentang bagaimana cara menggunakan canva untuk kebutuhan Design Anda seperti design social media instagram, facebook, dan lainnya. Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

1. Sign-Up ke Canva
Pertama, Anda perlu memiliki account Canva. Anda bisa sign up atau login  di https://www.canva.com. Ada beberapa pilihan untuk  Facebook, Gmail maupun registrasi dengan mengisi data pribadi anda untuk membuat akun canva.

2. Pilih Kebutuhan Anda
Setelah itu, Anda akan diberi pilihan untuk memilih apa yang akan Anda lakukan dengan account Canva Anda. Pilih sesuai kebutuhan Anda. Misalnya, anda membutuhkan canva untuk desain bisnis online produk anda. Anda bisa menggunakan small business atau personal.

3. Demo dan Jenis Desain
Selanjutnya, anda dapat Memilih layout graphic Anda. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Anda bisa membuat berbagai jenis graphic di Canva. Mereka menyediakan berbagai macam layout dengan dimensi yang sudah disesuaikan untuk platformnya. Beberapa contoh kategori yang mereka sediakan adalah social media posts, documents, blogging, ebooks, infographics, marketing materials, events, dan ads.

Pilih salah satu layout yang paling sesuai. Jika Anda tidak bisa menemukan template dengan ukuran dimensi yang Anda butuhkan. Anda bisa memilih custom dimension yang ada di bagian kanan atas dan masukkan dimensi yang Anda butuhkan.

4. Pilih Gambar Yang Akan Digunakan
Disini terdapat lembar kerja anda yaitu segiempat berwarna putih yang merupakan area desain anda nantinya. Dengan berbagai template ini, Anda tidak perlu memulai dari nol. Anda juga bisa mengupload gambar Anda sendiri.

5. Desain Sesuai Keinginan
Sebagai contoh, disini kita menggunakan salah satu desain template yang dapat di drag and drop di area kerja anda.

Mengenal Fitur-fitur Canva

Ada beberapa fitur design pada Canva yang dapat Anda manfaatkan, seperti text, colour palette, filter, transparency, dan branding. Kami akan membahas fitur-fitur ini dengan lebih detail di bawah ini.Text insertion.

1. Text
Pada gambar dapat membantu Anda untuk memberikan informasi yang berhubungan dengan gambar tersebut dan bisnis Anda ke pembaca Anda. Selain itu, Anda juga bisa memasukkan call-to-action (CTA) untuk mengajak orang melakukan suatu aksi pada gambar anda.

Canva menawarkan berbagai template text yang dapat Anda gunakan agar graphic Anda memiliki typography yang menarik.Colour Palette. Canva memperbolehkan Anda mengatur warna graphic Anda sesuai keinginan dan kebutuhan. Canva sendri menyarankan Anda mengatur colour palette untuk graphic tersebut. Seperti yang bisa Anda lihat, Canva sudah mengumpulkan warna-warna apa saja yang ada pada colour palette gambar ini.

2. Animasi
Selain warna, Anda juga bisa menggunakan Animasi. Canva memiliki beberapa Animasi yang bisa Anda kustomisasi sesuai dengan keingingan Anda. Seperti yang bisa Anda lihat, Anda bisa mengedit text agar sesuai dengan kebutuhan Anda. Tidak hanya text, Anda juga bisa mengganti warna agar sesuai dengan kemauan Anda. Setiap elemen pada template ini bisa Anda ganti dengan mudah.

Untuk gambar, Anda memiliki pilihan untuk menggunakan stock image yang tersedia atau menggunakan gambar Anda sendiri. Untuk mengupload gambar Anda sendiri, klik pilihan uploads di bagian kiri layar dan upload photo Anda. Kemudian, gunakan fitur drag-and-drop untuk memasukkan gambar Anda ke graphic yang sedang Anda buat.